Ratusan Guru Ikuti Sosialisasi Sertifikasi


MADIUN – Kualitas dan profesionalisme tenaga pendidik perlu ditingkatkan. Hal itu yang mendasari Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudmudora) Kota Madiun. menggelar sosialisasi sertifikasi guru.

Bertempat di aula Asrama Haji Madiun, kegiatan tersebut diikuti 381 peserta. Dari jenjang sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) hingga SMA sederajat se Kota.

Selain meningkatkan profesionalisme para pengajar, pelaksanaan sosialisasi sertifikasi tersebut juga terkait dengan peningkatan mutu pendidikan di Kota. Karena untuk sertifikasi guru tahun 2009 saja se Indonesia ada sekitar 200 ribu peserta. Sedangkan untuk Jawa Timur ada 35.029 pendidik.

Menurut Kepala Bidang Ketenagaan, Dinas Dikbudmudora, Haris Rahmanudin, meski kuota sudah ditetapkan dari pemerintah pusat, pihaknya akan tetap melaksanakan ketentuan sesuai prosedur yang berlaku. ”Kami tetap akan melakukan seleksi, terhadap seluruh berkas yang masuk,” terangnya kepada koran ini.

Dalam ketentuan tersebut, para peserta sertifikasi harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Diantaranya menunjukkan Surat Keputusa (SK) pengangkatan pegawai, ijazah, prestasi kerja, perencanaan kegiatan belajar mengajar serta keterangan mengenai jadwal mengajar guru terkait. ”Untuk sebagian surat tersebut, nanti ada yang asli,” jelasnya disela-sela kegiatan.

Haris menambahkan, penentuan rangking peserta mengacu pada beberapa kriteria. Yakni lama masa kerja, pangkat golongan, beban kerja, usia maksimal 60 tahun, prestasi serta tugas tambahan lain. Seperti penelitian yang bersifat ilmiah. ”Nantinya bagi yang belum lolos masih ada tahun berikutnya,” ungkapnya.

Haris optimistis dengan peserta 381 pengajar, tahun ini pihaknya bakal mampu meloloskan seluruh peserta. Namun jika masih terdapat peserta yang belum memenuhi kualifikasi, diantaranya kelengkapan dokumen yang masih diragukan maka akan dilakukan pengkajian ulang.

Kemudian para pengajar tersebut, akan diikutsertakan dalam pembinaan peningkatan kualitas lanjutan. Yakni pendidikan dan pelatihan profesi guru. ”Karena anggarannya sudah ada dari pusat jadi kami akan memaksimalkan kegiatan tersebut” katanya.

Bagi para peserta yang mengikuti sertifikasi tahun ini mereka diharuskan mengumpulkan persyaratan pada pertengahan bulan April. Yang akan ditindaklanjuti pemberkasannya pada Mei mendatang.

Yakni dengan melakukan proses seleksi sertifikasi melalui portofolio. ”Kami menarget tahun 2015, para pengajar yang ada di Kota Madiun memperoleh sertifikasi,” pungkasnya. (rgl/eba)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: