Dikti Sediakan Rp1 Miliar Untuk Wirausaha Mahasiswa


Bengkulu (tvOne)

Universitas Bengkulu (Unib) bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) pada 2009 menyediakan dana bergulir Rp1 miliar untuk program wirausaha mahasiswa, kata Pembantu Rektor III Unib Bidang Kemahasiswaan Dr. Subandrio, Selasa (7/4).

Program ini, kata dia, menjadi salah satu tugas universitas dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa yang tidak dapat diperoleh dari proses belajar mengajar di bangku kuliah.

"Tujuannya untuk melatih mahasiswa dalam melihat peluang usaha sekaligus melatih mereka mengelola keuangan dan bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan," katanya.

Program ini akan dikelola oleh lima anggota tim yang terdiri dari staf dosen dari Fakultas Ekonomi, rincian dana tersebut 30 persen untuk persiapan seperti pelatihan, magang, dan monitoring sedangkan 70 persen untuk kegiatan wirausaha mahasiswa.

Sebelum terjun ke wirausaha, mahasiswa akan dibina untuk membuat perencanaan bisnis, pembukuan, dan laporan akhir yang harus dibuat sehingga mereka lebih mengenal dunia wirausaha.

Bentuk wirausaha yang dilakukan bisa berlatar belakang pendidikan mahasiswa seperti bimbingan belajar bagi Fakultas FKIP, usaha pembibitan bagi mahasiswa pertanian, dan lain sebagainya.

"Sekarang masih dalam tahap pemantapan tim dan dalam waktu dekat mereka akan melakukan pelatihan dan menyeleksi proposal kegiatan wirausaha dan kebutuhan anggaran yang diajukan kelompok," katanya.

Dari anggaran Rp700 juta, menurut Subandrio akan mampu memodali 100 lebih kelompok mahasiswa dengan plafon per kelompok Rp5 juta.

Modal wirausaha ini akan diserahkan tanpa bunga, pengembaliannya dicicil hingga satu tahun untuk digulirkan kembali kelompok lain.

Kelompok mahasiswa itu diharapkan bisa bekerja sama dengan usaha kecil menengah (UKM) untuk melatih mereka mengembangkan jaringan serta meningkatkan kemampuan bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Hal ini juga yang menjadi dasar kenapa kita wajibkan mereka membantu kelompok adalah untuk melatih mereka bisa bekerja dalam tim," tambahnya.

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: