Kapolda Papua: Polisi Tindak Tegas Pengacau Pemilu


ayapura ( Berita ) : Kepala Polda (Kapolda) Papua, Irjen Pol.Drs FX Bagus Ekodanto menegaskan, polisi akan tetap bertindak tegas sesuai hukum yang berlaku terhadap oknum atau kelompok orang yang berupaya mengacaukan atau ingin menggagalkan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu di tanah Papua.

“Polisi sudah melarang gerakan massa selama berlangsung Pemilu. Jika larangan itu dilanggar maka polisi bertindak tegas sesuai hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia,” tegas Kapolda Ekodanto di Jayapura, Kamis [09/04].

Sekelompok warga yang terdiri atas delapan orang pada Kamis dini hari berusaha menyerang Markas Polsek Abepura sehingga polisi terpaksa bertindak tegas. Satu orang di antaranya tewas sedangkan empat orang lainnya sedang dirawat di RSUD Dok II Jayapura dan tiga lainnya diamankan untuk diselidiki.

“Kita belum tahu, mereka itu dari kelompok mana,” kata Kapolda Bagus Ekodanto.

Sedangkan mengenai isu yang menyebar lewat pesan singkat (SMS) yang menyatakan bahwa akan ada penyerangan terhadap warga pendatang, Kapolda secara tegas mengatakan isu itu ingin menghambat Pemilu agar warga tidak datang ke TPS.

“Walaupun ada isu dan insiden di bebarapa tempat namun secara keseluruhan Pemilu di Papua berlangsung lancar dan aman. Masyarakat seluruh kabupaten di Papua berbondong-bondong mendatangi TPS-TPS.Pemilu tetap berlangsung sesuai agenda nasional,” kata Kapolda.

Dalam rangka pengamanan Pemilu, Polda Papua dibantu Kodam XVII Cenderawasih. Sedikitnya 300 personil polisi dibantu TNI mengamankan Pemilu di Papua.

Tampak, Kapolda Bagus Ekodanto bersama Gubernur Papua Barnabas Suebu dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI A.Y.Nasution melakukan peninjauan ke berbagai TPS di Jayapura antara lain TPS di kawasan Waena dan Entrop sambil berdialog dengan masyarakat yang sedang antre memberikan suara pada Pemilu legislatif.

Empat Warga Sipil Tertembak

Empat warga sipil yang tertembak Rabu malam saat melancarkan penyerangan terhadap Polsek Abepura sedang menjalani perawatan intensif di RSUD Dok II Jayapura.

Wartawan ANTARA yang berkunjung ke RSUD Dok II Jayapura melaporkan, keempat warga sipil korban penembakan itu saat ini masih berada di ruang Unit Gawat Darurat dan ditangani tim medis. Keempat korban itu sementara dirawat para medis, khusus untuk membersihkan bagian tubuh mereka yang terkena peluru dan juga mendapatkan suntikan.

Wartawan yang datang ke RSUD Dok II untuk mengambil gambar dan mewawancarai eempat Koran penembakan itu belum diperbolehan aparat keamanan yang mengawal para korban.

Sementara situasi di RSUD Dok II Jayapura sangat kondusif dimana perawatan terhadap para pasien maupun pelayanan bagi para pengunjung berlangsung seperti biasa. ( ant )

Posted in Pemilu 2009
Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,204 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: