Manado Jerusalem of Indonesia


NAMA DR. HC. Ir. Ciputra memang tidak asing bagi masyarakat Indonesia dan kalangan Kristiani. Pak Ci, sapaannya, bersama Ir Antonius Tanan menulis buku Manusia Unggul yang Disertai Tuhan yang berisi kiat-kiat Pak Cik.

Seperti menjadi manusia Unggul yang diberkati dan disertai Tuhan dalam hidup. Baik pekerjaan dan pelayanannya.
Titik balik Ir Ciputra menjadi pengusaha ketika ayahnya meninggal. Saat itu, Ciputra masih berusia 14 tahun. Sejak kecil Ciputra sudah merasakan kesulitan dan kepahitan hidup. Terutama saat bapaknya ditangkap dan diseret di hadapannya oleh pasukan tak dikenal, dituduh sebagai mata-mata Belanda/Jepang dan tidak pernah kembali lagi pada tahun 1944).

Pria yang kini disebut Maestro Property Indonesia ini, lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931. Masa kecilnya hingga remaja dihabiskan di sebuah desa terpencil di Desa Parigi Besar Palu. Ketika remaja, Ciputra pindah ke Manado. Ia lantas menuntut ilmu di SMP dan SMA Frater Donbosco Manado.

Ketika tamat SMA, kira-kira saat dia berusia 17 tahun, dia meninggalkan desanya menuju Jawa, lambang kemajuan saat itu. Dia ingin memasuki perguruan tinggi di Jawa. Maka, masuklah Ciputra ke ITB (Institut Teknologi Bandung). Keputusan Ciputra untuk merantau ke Jawa tersebut merupakan salah satu momentum terpenting dalam hidupnya. Yang pada akhirnya menjadikan Ciputra orang sukses.

Keputusan Ciputra untuk merantau ketika tamat SMA merupakan keputusan yang tepat. Karena pada usia tersebut muncul keinginan untuk bebas yang disertai rasa tanggung jawab pada dirinya. Ciputra adalah perantau yang sempurna. Dia mendapatkan kebebasan, tapi juga memunculkan rasa tanggung jawab pada dirinya.

Kini, di usianya yang ke 77 tahun, Pak Cik punya opsesi mewujudkan visi Indonesia Makmur 25 tahun mendatang. Caranya dengan menambah 4 juta pengusaha, untuk menekan pengangguran. “Di Indonesia sudah ada 400 ribu pengusaha, namun hitung-hitungan saya dan teman-teman masih perlu diciptakan 4 juta pengusaha lagi yang berjiwa Entreprenurship maka pengangguran di Indonesia akan berkurang drastis dan kita menjadi negara yang makmur,” tuturnya.

Di sisi lain, suami tercinta Dian Sumeler ini, mengaku sangat mencintai Kota Manado. Di mata Pak Cik, Manado menjadi salah satu kota yang paling spesial dari kota-kota lainnya di Indonesia. Ini terlihat dari keseriusannya dalam membangun Manado. Setelah perumahan Citraland dan Monumen Yesus Memberkati menghebohkan, kini Sang Maestro Property itu membuat Jalan Salib pada ketinggian 33 meter, panjang 164 meter dan 187 anak tangga.

“Kenapa Manado terlihat spesial, karena saya rindu Manado. Saya sekolah di sini, tinggal di Tikala dan bertemu istri di sini. Dan yang pasti makanannya sangat saya sukai. Seperti ikan kesa, nike, ikan mas sampai ikan tongkol,” katanya saat ditemui di Swiss-belhotel Maleosan, kemarin. “Dan yang pasti, pembangunan wisata religi ini karena saya dan teman-teman ingin menjadikan Manado, Jerusalem of Indonesia,” tandasnya.

Kegigihannya untuk menjadikan menset seluruh masyarakat Indonesia sebagai Entrepreneurship, patut diacungi jempol. Pasalnya, kisah hidup Pak Cik yang pernah menjadi pedagang klontongan itu, bisa memotivasi. Hasilnya pun sudah bisa kita lihat.
Pada tahun 1997 terjadilah krisis ekonomi. Krisis tersebut menimpa tiga group yang dipimpin Ciputra: Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Namun dengan prinsip hidup yang kuat, Ciputra mampu melewati masa itu dengan baik. Ciputra selalu berprinsip bahwa jika kita bekerja keras dan berbuat dengan benar, Tuhan pasti buka jalan. Dan banyak mukjizat terjadi, seperti adanya kebijakan moneter dari pemerintah, diskon bunga dari beberapa bank sehingga ia mendapat kesempatan untuk merestrukturisasi utang-utangnya.

Akhirnya ketiga group tersebut dapat bangkit kembali dan kini Group Ciputra telah mampu melakukan ekspansi usaha di dalam dan ke luar negeri. Kini Ciputra telah sukses melampaui semua orde; orde lama, orde baru, maupun orde reformasi. Dia sukses membawa perusahaan daerah maju, membawa perusahaan sesama koleganya maju, dan akhirnya juga membawa perusahaan keluarganya sendiri maju.

JALAN SALIB DIRESMIKAN
Ciputra memang ingin menjadikan Manado yang sebelumnya dikenal dengan tanah Kanaan, menjadi Jerusalem of Indonesia. Karena itu Citraland menambah ikon Wisata Religi untuk Sulut khususnya kota Manado. Setelah patung Yesus Memberkati dengan tinggi 30 meter, satu lagi mahakarya dipersembahkan Dr HC Ir Ciputra yakni jalan salib. Proyek yang akan diresmikan, Sabtu (11/4) hari ini oleh Gubernur Drs SH Sarundajang itu, berada di bawah kaki patung Yesus Memberkati.

“Seluruh komplek Monumen Yesus Memberkati akan kami jadikan ikon wisata religi Kota Manado maupun Sulut. Peresmian Jalan Salib ini akan menjadi momentum penting dalam menyambut WOC,” ujar sang maestro property saat jumpa pers di Swiss-belHotel Maleosan.

Monumen Yesus Memberkati direncanakan Ciputra terdiri dari delapan elemen penting. Yang keseluruhannya diselesaikan hingga tahun 2012. Dari delapan elemen itu, baru tiga yang sudah selesai. Yakni Patung Yesus Memberkati setinggi 30 meter, the Tower of Blessing serta Jalan Salib yang terdiri 187 anak tangga. Sedangkan enam proyek lainnya yang sedang dibangun seperti Plaza Taman Getsemani yang menggambarkan peristiwa Yesus ditangkap, Plasa gereja-gereja berbagai denominasi, Open Air Theatre, Rumah Biara dan rumah Doa.

Jalan Salib di Monumen Yesus Memberkati itu berada di ketinggian kurang lebih 33 meter dan panjang 164 meter. Jalan salib yang terdiri dari 14 stasi itu akan diberkati Uskup Manado Mgr Jhoseph Suatan MSC. “Suatu kerinduan besar bagi kami untuk melihat, menjamah dan merasakan panggilan Yesus. Di tempat inilah saya bisa mewujudkan kerinduan itu. Adalah harapan dan doa saya, agar monumen ini menjadi berkat besar bagi masyarakat Manado. Dan menjadi tujuan wisata bagi masyarakat seluruh nusantara bahkan mancanegara,” tandasnya. (hesty sondakh)

Posted in Tahukah Anda, Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: