PD Kalahkan Golkar, JK Ucapkan Selamat Kepada SBY *Koalisi Golkar dan Demokrat Menunggu Lampu Hijau SBY


Jakarta (SIB)
Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) telah mengucapkan selamat kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atas kemenangan yang diraih Partai Demokrat. JK ingin kembali pada SBY?
Menurut press officer JK, Mukhlis Hasyim, ucapan selamat dilakukan JK saat berbincang melalui telepon selama 10 menit dengan SBY.
“Pak JK telah menelepon SBY mengucapkan selamat,” kata Mukhlis ketika ditemui di luar rumah dinas JK, di Jl Diponegoro, Jakarta, Jumat (10/4).
SBY merespon positif ucapan selamat dari JK. Bahkan Ketua Dewan Pembina PD itu menyatakan kemenangan PD tersebut sebagai kemenangan bersama. “SBY menjawabnya terimakasih dan mengatakan ini adalah kemenangan bersama,” jelas Mukhlis.
Sebenarnya, JK direncanakan bertandang ke Cikeas dan menemui SBY untuk mengucapkan selamat. Namun tiba-tiba JK membatalkan rencana ke Cikeas dan hanya menelepon SBY.
Sampai saat ini dari kabar yang beredar JK menginginkan Golkar untuk cooling down dan tidak buru-buru menanggapi hasil quick count. Dia juga mencermati hasil perhitungan KPU, mulai dai tingkat kecamatan.
Koalisi Golkar & Demokrat Menunggu Lampu Hijau SBY
Perhitungan quick count telah selesai digelar. Partai Demokrat (PD) bercokol di tempat teratas. Sementara Partai Golkar mengalami penurunan suara. Masih terbuka kemungkinan SBY berduet lagi dengan JK, asal SBY tidak tersinggung dengan sikap JK.
“Kuncinya ada di SBY, kalau dia tidak tersinggung dengan sikap JK maka kemungkinan kembalinya koalisi Golkar dengan Demokrat terbuka,” kata pengamat politik Maswadi Rauf kepada detikcom, Jumat (10/4).
Maswadi menilai sikap JK yang terang-terangan menyatakan memutuskan koalisi di tengah jalan bisa menyinggung SBY. “Tapi kalau SBY mau, saya kira tidak ada masalah di PD,” katanya.
Menurut Maswadi kemungkinan kembalinya koalisi Golkar dengan PD ini akan bertambah besar jika Golkar berada pada urutan ketiga. Hal ini menunjukkan partai berlambang beringin ini lemah.
“Kita tunggu hasih akhirnya bagaimana, karena posisi kedua dan ketiga akan sangat berbeda bagi Golkar,” katanya.
Menurut Maswadi, koalisi kedua partai ini akan sangat solid apalagi jika didukung dengan beberapa partai menengah. “Koalisi ini akan kuat dan solid,” katanya.
JK Masih yang Terbaik untuk SBY
Nama-nama siapa yang bakal menjadi pendamping SBY dalam pilpres mendatang terus berhembus. Setelah Jusuf Kalla sempat menyatakan akan berpisah, nama Akbar Tandjung ikut menyeruak. Bagaimana kans mereka?
“Kecil kemungkinan dengan Akbar Tandjung. Untuk apa mencoba dengan sesuatu yang baru dan belum jelas apa akan berhasil atau tidak dalam memerintah nanti,” kata pengamat politik UI Arbi Sanit saat dihubungi Jumat (10/4).
Bagi Arbi, pemerintahan di bawah SBY-JK dinilai paling berhasil dalam masa reformasi. Meski JK sempat menyatakan akan maju sebagai capres, Arbi menilai SBY akan tetap menyambut Golkar jika partai tersebut ingin kembali.
“Jika ingin balik, pasti akan disambut oleh Demokrat,” ujar Arbi.
Salah satu alasannya, karena Demokrat membutuhkan tambahan suara untuk menciptakan pemerintahan yang kuat. Arbi memprediksi Demokrat akan menggandeng partai-partai lain yang lolos parliamentary threshold (PT) dengan gaya koalisi yang berbeda dari sebelumnya.
“Gaya koalisinya harus loyal terhadap pemerintah selama lima tahun ke depan,” pungkasnya.
Demokrat Melejit, PKS Yakin Peluang SBY-HNW Masih Terbuka
Partai Demokrat (PD) melejit dalam hasil quick count beberapa lembaga survei. Kisaran suara 20 persen membuat PD memiliki daya tawar tinggi untuk pilpres. Tapi PKS yakin, peluang Hidayat Nur Wahid (HNW) menjadi pendamping Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih terbuka.
“Tetap masih ada. Kita sudah berkoalisi selama 4 tahun dan hasilnya bagus, tidak ada riak yang menjadi hambatan,” kata juru bicara PKS Mabruri saat dihubungi melalui telepon, Jumat (10/4).
Menurutnya bila melihat logika politik, selama ini komunikasi dengan Demokrat berupa kontak dan misalnya kerjasama dalam urusan saksi di TPS telah dilakukan.
“Dari sisi chemistrynya cocok, tinggal ijab kabul,” tambahnya.
Apalagi, yang menguatkan, PD tidak mungkin berkoalisi dengan PDIP ataupun Partai Gerindra, dan lebih memilih PKS, PAN, dan PPP.
“Minggu-minggu ini kita akan sering berada di Jakarta, untuk melakukan komunikasi,” tambahnya.
Lebih lanjut menyikapi hasil pemilu, PKS mengaku belum akan melakukan langkah hukum, tetapi melihat lebih dahulu hasil final.
“Nanti kita lihat hasil penetapan KPU. Memang ada laporan masuk di TPS-TPS mengenai persoalan DPT,” tambahnya.
SBY Lirik JK dan Non-JK Sebagai Cawapres
Peluang duet SBY-JK dalam Pilpres 2009 masih terbuka luas. Bahkan pernyataan tersebut keluar dari mulut Presiden SBY sendiri. Menurut SBY, JK masih menjadi salah satu kandidat cawapres.
“Soal cawapres, tunggu tanggal mainnya. Ada banyak calon bagus. Ada Pak JK, ada bukan Pak JK. Tapi itu nantilah. Mohon doa restu agar koalisinya cepat dan pasangannya tepat,” kata SBY di kediaman pribadinya, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/4).
SBY membenarkan dirinya telah ditelepon JK untuk memberikan ucapan selamat atas kemenangan Partai Demokrat dalam Pemilu Legislatif. “Sebenarnya benar bahwa setelah salat Jumat tadi saya menerima hubungan telepon dari Pak JK. Saya kok kaget, baru saja komunikasinya terjadi kok wartawan tahu,” kata SBY.
Sebagai sahabat, kata SBY, sangat wajar jika saling mengucapkan selamat satu sama lain. Kedua tokoh ini juga berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama di masa mendatang.
“Kita semua tadi bersyukur, mari kita lanjutkan komunikasi ke depan dalam format yang telah disepakati. Komunikasi politik kami hanya berhenti sampai di situ. Tidak ada kedalaman dari pembicaraan kami dalam konteks politik yang lebih dari itu,” jelas SBY.
Selain melakukan komunikasi dengan JK, SBY mengaku partainya telah melakukan komunikasi dengan sejumlah tokoh politik yang lain untuk menjajaki koalisi. “Dengan PAN, PKB, PKS, PKPI, Pelopor, PDP, juga sudah kita bicarakan sehingga tepat kalau sekarang intensifkan,” pungkas SBY.(detikcom/c)

Posted in Pemilu 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: