PDIP Menilai Terjadi Banyak Kejanggalan *Ribuan Pasien Rumah Sakit Dipastikan Golput *Batal Lakukan Pemilu Ulang, KPUD Yogyakarta Dijaga Ketat


Jakarta (SIB)
PDI Perjuangan mengakui telah terjadi pergeseran suara pemilih dalam Pemilu legislatif kali ini. Hanya saja PDI P menilai suara simpatisan PDI P tidak sepenuhnya tersalurkan karena terjadinya banyak kejanggalan dalam pelaksanaan Pemilu. Bila menemukan bukti kongkrit PDI P akan menempuh jalur hukum.
Posko Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI P Lenteng Agung, terus mengumpulkan data hasil pemungutan suara berdasarkan laporan petugas PDI P di lapangan. PDI P mengakui, telah terjadi pergeseran suara pemilih dalam Pemilu kali ini. Hanya saja PDI P menilai suara simpatisan PDI P tidak sepenuhnya tersalurkan.
Hanya saja, sangat disayangkan di beberapa daerah basis banyak calon pemilih itu tidak mempunyai kartu undangan, sehingga ikut pengurangi sebagian besar pemilih PDI Perjuangan,” kata Pramono Anung.
PDI Perjuangan melihat terjadinya banyak kejanggalan dalam pelaksanaan Pemilu terutama tentang daftar pemilih tetap (DPT). PDI P terus mengumpulkan data dan laporan tentang kejangkalan pelaksanaan Pemilu. Bila telah mendapatkan data kongkrit tidak tertutup kemungkinan PDI P menempuh jalur hukum.
Ribuan Pasien Rumah Sakit Dipastikan Golput
Ribuan pasien rumah sakit dipastikan Golput karena tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Pasalnya KPU tidak menyediakan TPS keliling.
Gubernur Bengkulu Agus N beradu argumen dengan anggota KPUD Kota Bengkulu di lokasi TPS 25. Menurut Gubernur KPUD terlalu takut dengan aturannya sehingga ratusan penghuni rumah sakit umum tidak bisa menggunakan hak suaranya. Gubernur meminta KPUD Kota Bengkulu untuk mencarikan jalan keluar agar ratusan penghuni rumah sakit itu bisa untuk memilih.
Sementara itu ratusan anggota dan keluarga pasien dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta juga dipastikan tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2009. Karena KPU tidak menyediakan TPS khusus pada Pemilu sebelumnya.
Sebanyak 168 pasien di Rumah Sakit Jantung Harapan juga tidak bisa menggunakan aspirasi politiknya. Karena di rumah sakit ini tidak disediakan TPS keliling. Menurut ketentuan KPU pasien rumah sakit dapat memilih di TPS setempat. Namun di TPS dekat rumah sakit ini hanya menyediakan 8 kartu cadangan.
Kemudian bagi warga yang dipaksa Golput, menurut pengamat politik Eed Saefullah Fatah, ini harus menjadi perhatian KPU untuk lebih baik lagi bagi Pemilihan Presiden di masa mendatang.
“Karena dia terhambat secara administratif ketika dia mau memilih maka dosa besar sekali bagi orang-orang ini. Sistim politik demokratis tidak boleh membuat dosa besar,” katanya.
Batal Lakukan Pemilu Ulang, KPUD Yogyakarta Dijaga Ketat
Kantor KPUD DI Yogyakarta, Jumat (10/4) dijaga ketat petugas keamanan menyusul pembatalan janji petugas KPUD yang sedianya akan menggelar Pemilu susulan bagi sejumlah warga Papua yang berada di Yogyakarta. KPUD mengaku terpaksa berjanji karena ada tekanan dari warga Papua tersebut.
Sedikitnya 3 satuan setingkat kompi pasukan Brimob dan pengendalian massa bersiaga di kantor KPUD DI Yogyakarta. Mmenyusul keputusan pembatalan rencana KPUD DI Yogyakarta menggelar Pemilu susulan bagi ratusan warga Papua. Pembatalan terhadap rencana Pemilu susulan ini dilakukan karena bertentangan dengan UU No. 10 tahun 2008 mengenai penyelenggaraan Pemilu.
Sebelumnya pihak KPUD DI Yogyakarta sempat mengeluarkan secara lisan bahwa Pemilu susulan akan dilakukan, Jumat sekitar 800-an warga Papua yang datang ke KPUD, Kamis (9/4) siang. Pihak KPUD DI Yogyakarta mengaku terpaksa mengeluarkan pernyataan itu karena mendapat tekanan dari warga Papua yang bersikeras ingin menggunakan hak pilih mereka.
Dalam aksinya warga Papua, Kamis siang, bahkan sempat terjadi insiden pemukulan terhadap seorang perwira polisi yang oleh oknum warga Papua.
PEMILU MOLOR, WARGA BATAL MEMILIH
Pelaksanaan pemilihan umum di Majene, Sulawesi Barat, terlambat digelar karena ratusan surat suara di DPR dan DPRD kabupaten di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) kosong. Akibatnya, pelaksanaan pemilu pun molor empat jam dari jadwal yang ditentukan. Selain itu, sejumlah surat suara DPRD Propinsi di TPS 01 Kelurahan Labuang juga tertukar dengan TPS di kabupaten Mamuju.
Pantauan SCTV, Kamis (9/4), seharusnya pencontrengan dimulai pukul 07.00 WITA, namun baru digelar pukul 11.00 WITA. Sebagian warga yang punya beragam kesibukan akhirnya memutuskan pulang dan tidak menggunakan hal pilihnya.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) sempat mengantisipasi dengan mengganti surat suara yang tersisa. Namun masih bermasalah karena surat suara pengganti itu telah bercampur dengan surat suara daerah pemilihan lain. Panitia terpaksa mengatur lebih dahulu sebelum digunakan di TPS.
Anggota Panitia Pengawas Pemilu Sulbar, Abdi Manaf, menyayangkan kinerja KPU yang dinilai kurang cermat hingga merugikan banyak pihak, sejumlah warga dan calon legislator pun berang lantaran merasa dirugikan.
RIBUAN WARGA FLORES DIDUGA GOLPUT
Sekitar 50 ribu warga Kupang, Nusa Tenggara Timur, diduga akan golongan putih alias golput. Sebab, sehari menjelang pencontrengan, mereka mudik ke Larantuka, Kabupaten Flores Timur, untuk mengikuti upacara keagamaan. Perjalanan dengan menggunakan jasa kapal Pelni Sirimau inilai yang diduga menjadi penyebab, pasalnya perjalanan membutuhkan waktu yang sangat lama. Demikian pantauan SCTV, Kamis (9/4).
Seperti yang dilakukan Piter Da Santos, salah satu warga Flores Timur. Di usianya yang mendekati 70 tahun ini ia tak pernah alpa mengikuti prosesi keagamaan yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya saat rangkaian perayaan Paskah. Menurut dia, tak ada pilihan lain salain ia harus golput dan memilih mudik. Hal senada juga diungkapkan Fransiskus.
Puluhan ribu warga yang mudik ke Larantuka itu membuat sepi setiap tempat pemungutan suara yang ada di Kota Kupang. Anehnya, sekitar 270 ribu yang telah terdaftar di daftar pemilih tetap dilaporkan telah mengikuti pencontrengan.
PENGIKUT ALIRAN DAYAK LOSARANG MEMILIH GOLPUT
Ratusan pengikut aliran Dayak Hindu Buddha Bumi Segandu di Desa Krimun, Kecamatan Losarang, Indramayu, Jawa Barat, tidak menggunakan hak pilih meski telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Mereka tetap patuh terhadap ajaran Ngaji Rasa Sejarah Alam yang mengajarkan keadilan bagi seluruh alam semesta.
Berdasarkan pantauan SCTV, Kamis (9/4), tidak ada yang berbeda dalam aktivitas keseharian pengikut aliran Dayak Hindu Buddha Bumi Segandu pada hari pencontrengan. Selain bercengkerama, pengikut aliran ini disibukkan dengan aktivitas menjemur hasil panen dari sawah mereka. Menurut Takmad, pemimpin aliran Dayak Hindu Buddha Bumi Segandu, mereka percaya, jika memiih salah satu calon legislator ataupun partai, maka telah berlaku tidak adil.
Sejauh ini Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) setempat telah mengingatkan seluruh pengikut aliran agar menggunakan hal pilihnya. Namun, hingga akhir penutupan pemberian hak suara hanya sebagian pengikut yang mencontreng. Meski demikian, aliran ini tidak menekan anggota keluarga yang lain untuk tidak mencontreng.
RATUSAN KOTAK SUARA DI BATU MERAH TERBENGKALAI
Sedikitnya 530 kotak suara hasil pemilihan umum legislatif di seluruh tempat pemungutan suara di Desa Batu Merah, Ambon, Maluku, Jumat (10/4) terbengkalai. Ratusan kotak suara itu dibiarkan tak terurus tanpa penjagaan polisi. Padahal, kotak suara seharusnya telah dibawa ke Kantor Kecamatan Sirimau Ambon untuk penghitungan suara sementara.
Sekretaris Desa Batu Merah, Nyong Kiat, mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Selain itu, tutupnya kantor PPK juga menjadi penyebab. Ratusan kotak suara itu terdiri atas kotak suara DPR dan DPD. Kotak suara itu rencananya dibawa hari ini sekitar pukul 14.00 waktu setempat sambil menunggu pihak PPK. (RCTI/SCTV/M35/u)

Posted in Pemilu 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: