Pemilu di Manado Amburadul


Banyak Surat Suara Tertukar, 764 Warga Malfinas II Golput
MANADO- Pemilu, Kamis (9/4) kemarin di Manado sedikit amburadul. Hal ini diakibatkan kesalahan pendistribusian kertas suara. Seperti surat suara dari Dapil Wenang-Wanea yang tertukar dengan Dapil Tikala.

Anehnya, hal tersebut baru diketahui saat salah satu caleg mau mencontreng. “Nanti ada caleg yang mo ba contreng, baru torang tau ada kesalahan surat suara. Setelah disortir ternyata 15 yang belum digunakan. Tetapi kemungkinan besar 10 sudah masuk di kotak,” jelas Ketua KPPS TPS 1 Kelurahan Lawangirung, Heru Arianto. “Katanya ta tukar dengan di Banjer,” jelasnya.
Hal senada juga terjadi di TPS 3 dan TPS 4 Kelurahan Komo Luar. “Disini surat suara tertukar untuk TPS 3 sebanyak 26 lembar dan 38 lembar dari TPS 4. Itu di luar yang sudah tercontreng,” kata Iswan, salah satu wajib pilih kemarin.
Sedangkan di TPS VI Krida, kotak suara tertukar dengan TPS yang berada di Kelurahan Winangun. “Tapi tidak masalah karena kita satu Dapil. Jadi kita tetap pakai,” kata Hendrik Janis, Ketua KPPS.
Yang paling menghebohkan, adalah kasus di Kelurahan Paal 4 Ling VI atau yang dikenal dengan kampung Malfinas 2 atau Desa Tikela versi Kabupaten Minahasa. 764 pemilih di daerah ini tidak memilih. Pasalnya, daerah tersebut masih bermasalah tapal batas. Anehnya, warga mendapat DPT dan undangan memilih Kamis (9/4) kemarin. “Torang ini warga Manado, bukan Minahasa. Buktinya keluar DPT karena torang pe KTP warga Manado. Kami menilai Pemilu di Manado ini gagal karena amburadul samua. Kami akan menggugat KPU,” koar Yunan Mona, salah satu warga yang kesal tidak bisa memilih karena KPUD Manado tidak mendistribusikan logistik.
Sementara itu Anggota Panwaslu Sulut Melinda Tungka yang datang langsung ke Tikela mengaku kaget dengan masalah itu. “Akan kami bahas bersama. Karena masalah ini baru kami ketahui,” katanya singkat. Sebelumnya ratusan warga tersebut subuh kemarin sekitar pukul 03.30 mendatangi kantor KPU Sulut. Akibat situasi yang memanas, 1 pleton Poltabes Manado yang dipimpin Wakapoltabes AKBP Hendra Supriatna, Dirintelkam Polda Sulut, Kabag Ops Poltabes Kompol Surjarwoko dan Kapolsek Tikala AKP A Sutrisno. (ily)

Posted in Pemilu 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: