Penumpang Domestik di Bandara Polonia Sepi, Tujuan Luar Negri Padat Selama Pemilu * Peziarah Paskah Membludak, Harga Tiket Hingga Rp 1,7 Juta dari Jakarta


Medan (SIB)
Aktivitas arus penumpang di terminal keberangkatan domestik di Bandara Polonia pada hari “H” pemungutan suara Pemilu Legislatif 2009 sejak pagi hingga sore hari, Kamis (9/4) sepi. Kondisi itu membuat rata-rata operator maskapai penerbangan menurunkan harga tiket untuk go show Medan-Jakarta hingga Rp 430 ribu.
Sebaliknya arus penumpang tujuan luar negeri dipadati penumpang yang akan berlibur akhir pekan yang didominasi kalangan masyarakat etnis Tionghoa. Para penumpang yang akan plesiran itu sudah mulai terlihat memadati terminal keberangkatan luar negeri sejak pagi sekali meski aktivitas pemungutan suara baru dimulai di TPS-TPS. Apakah hal itu menunjukkan banyak warga memilih golput daripada memberikan hak pilihnya untuk Pemilu kali ini?
Pengamatan wartawan, aktivitas penumpang di terminal keberangkatan domestik sangat sepi sejak pukul 06.00 hingga pukul 08.00 WIB dan mulai terlihat meningkat pukul 09.00 WIB meskipun secara umum kondisinya tergolong sepi apalagi jika melihat banyaknya tanggal merah dalam minggu ini. Hal itu diduga karena banyak calon penumpang yang akan bepergian lebih dulu memberikan hak pilihnya di TPS-TPS di lingkungan masing-masing.
Seperti pengakuan beberapa penumpang seperti Albert, Misna dan Marpaung saat ditemui wartawan saat menunggu di terminal keberangkatan domestik. Mereka sudah memesan tiket untuk keberangkatan pukul 10.00 WIB agar bisa memberikan hak suaranya lebih dulu. Soalnya beberapa penumpang mengetahui tidak ada disediakan TPS-TPS di Bandara.
Sementara banyak juga penumpang yang akan berangkat ke Jakarta mendatangi bandara siang hingga sore hari meski belum memiliki tiket. Seperti diakui beberapa perwakilan agen tiket seperti Pillion Hutabarat dan Hamdany, banyak penumpang yang belum memesan tiket tapi bisa langsung mendapatkan tiket murah di loket penerbangan masing-masing yang ada di terminal keberangkatan.
Soalnya menurut Pillion, akibat sepinya penumpang sejumlah operator penerbangan menjual tiket untuk go show antara Rp 430 hingga Rp 490 ribu untuk Medan-Jakarta terutama untuk penerbangan sore hari. Pasalnya, beberapa jam sebelum pesawat berangkat jumlah penumpangnya masih banyak yang kosong sehingga dijual mendadak (go show) dengan harga murah. Bahkan penerbangan Garuda terpaksa menurunkan harga tiket paling murah Rp 600 ribu untuk jadual go show sore hari. Sementara biasanya mereka menjual tiket murah normal Rp 1 juta.
PENUMPANG PASKAH MEMBLUDAK
Pemandangan sangat berbeda terlihat di terminal kedatangan dalam negeri yang diwarnai padatnya penumpang yang datang dari berbagai kota terutama didominasi penumpang dari Bandara Sukarno-Hatta. Padatnya penumpang itu diduga karena banyaknya para perantau yang datang untuk berziarah ke daerah-daerah di Sumut terkait perayaan Hari Raya Paskah.
Menurut sejumlah penumpang yang ditemui, mereka terpaksa membeli tiket dari Jakarta seharga Rp 1,6 juta agar bisa datang ke Medan karena tingginya permintaan tiket untuk hari Paskah. Bahkan ada juga penumpang yang mengaku membeli tiket Rp 1,7 juta di Bandara Sukarno-Hatta untuk berangkat mendadak ke Medan.
Namun pengamatan SIB, suasana di Bandara Polonia berlangsung aman dan lancar meskipun tidak ada pengamanan khusus yang dilakukan aparat Kepolisian maupun TNI yang berpakaian dinas. Pengamanan hanya dilakukan sesuai prosedur tetap oleh Sekurity PT Angkasa Pura II dan Polisi Pos Bandara. (M17/c)

Posted in Pemilu 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: