Sekolah Belum Setor Standar Kelulusan UASBN


SURABAYA – Pelaksanaan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) SD/MI tinggal sebulan lagi. Tepatnya, 11 Mei nanti. Namun, masih banyak SD yang belum menetapkan nilai standar kelulusan siswa dan menyerahkan ke Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya.

”Kami berharap agar standar kelulusan UASBN ini segera diserahkan, paling lambat seminggu sebelum ujian berlangsung,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dispendik Surabaya Eko Prasetyoningsih. Dispendik meminta masing-masing sekolah mulai mengevaluasi kemampuan para siswanya.

Dengan begitu, sekolah yang bersangkutan bisa menaksir berapa nilai rata-rata UASBN yang bisa ditetapkan. Dia mengatakan, sekolah tidak perlu terlalu muluk-muluk menetapkan standar kelulusan itu.

Yang jelas, standar kelulusan tersebut sangat penting. Dengan adanya standar itu, diharapkan siswa mempunyai target dan usaha untuk bisa lulus. ”Dulu, meski diapa-apakan, siswa SD pasti lulus. Tetapi, sekarang tidak bisa seperti itu,” tuturnya.

Dia menambahkan, idealnya tiap tahun sekolah bisa meningkatan standar kelulusan UASBN itu. Dengan standar yang terus naik, kualitas anak didik menjadi lebih terukur. Para guru juga terdorong untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sekolah juga harus konsisten mematuhi standar kelulusan yang ditetapkan. Jangan sampai sekolah sudah menetapkan standar rata-rata 6,00, tetapi kenyataannya mereka berbuat curang dengan membantu siswa saat ujian. Karena itu, penetapan standar kelulusan tersebut harus dipikirkan dengan baik.

”Jangan sampai siswa yang tidak mampu secara akademis dipaksa lulus gara-gara target standar itu. Ditakutkan, jenjang berikutnya siswa malah tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik,” jelas Eko.

Pelaksanaan UASBN untuk jenjang SD bakal dilaksanakan pada 11 Mei hingga 13 Mei nanti. Sedangkan ujian susulannya 18-22 Mei. Di Surabaya, ada 1.008 sekolah penyelenggara UASBN. Rinciannya, 878 SD negeri dan swasta dan 130 MI (madrasah ibtidaiyah). Jumlah siswa yang mengikuti ujian sebanyak 41.180 orang. (sha/hud)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,204 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: