Tak Masuk DPT, Warga Pukul Ketua KPPS


Di Tanjab Barat,
Caleg Ambil Undangan
yang Tak Terpakai

SEJUMLAH masalah ditemukan dalam proses pencontengan pada Pemilu Legislatif 2009 yang digelar kemarin. Protes-protes dari warga di tempat pemungutan suara (TPS) pun mewarnai helatan lima tahunan itu.

Di antara masalah yang mencuat kemarin (9/4) adalah tertukarnya surat suara antardaerah pemilihan (dapil), warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), warga yang tidak dapat undangan memilih, dan saksi yang ditolak karena terlambat datang.

Di Muarojambi, proses pencontengan diwarnai kericuhan. Kaman (25) yang kesal karena tidak masuk dalam DPT, mengamuk dan memukul Ketua KPPS Desa Sarang Burung, Kecamatan Jambi Luar Kota, Sawirman. Kejadiannya sekitar pukul 14.00 WIB saat KPPS sedang beristirahat usai pencontengan. Kaman beserta warga yang tidak masuk dalam DPT mempertanyakan penyebab mereka tidak masuk dalam DPT kepada Sawirman.

Sawirman pun menjelaskan masalah itu sebaiknya ditanyakan ke KPU sebagai pihak yang berwenang. Tak puas dengan jawaban itu, Kaman yang tinggal di RT 09, Desa Sarang Burung, melayangkan tinjunya ke wajah Sawirman. Warga lain langsung melerai. Sementara Kaman kabur.

Kapolsek Jambi Luar Kota, AKP Tresno Eko Santoso, mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap pelaku. “Untuk sementara penyebabnya karena kesal tidak masuk DPT,” ujarnya.

Sementara itu, di Tanjab Barat, ada caleg yang mengambil undangan pemilih yang tidak terpakai untuk dimanfaatkan di daerah lain. Ketua Panwascam Tungkal Ulu, Junaidi, mengatakan saat ini caleg tersebut tidak tahu di mana keberadaannya. Undangan yang diambil sebanyak 340 dari 458 undangan yang ada di KPPS di Desa Sungai Tapah, Tungkal Ulu. “Kita tidak tahu undangan itu dipakai di daerah mana,” ujarnya.

KPUD Provinsi Jambi mengaku telah menerima laporan adanya protes dan masalah-masalah yang terjadi saat pencontengan kemarin. “Semua sudah kita atasi. Proses penghitungan tetap berjalan sesuai aturan yang ada, dan selama masa pemungutan suara tidak ada laporan adanya penundaan pemungutan suara,” ujar anggota KPUD Provinsi Jambi, Kasrianto.

Panwas Provinsi Jambi juga telah menerima laporan adanya sejumlah persoalan tersebut, baik secara resmi maupun tidak. “Temuan tersebut akan kita cek langsung ke lapangan. Namun saat ini belum bisa kita putuskan apakah melanggar atau tidak,” ujar anggota Panwas Provinsi Jambi, Maroli.

Surat Suara Tertukar

Surat suara tertukar antardapil terjadi di sejumlah tempat, antara lain di TPS 28 Desa Mendalo Darat, Jambi Luar Kota (Jaluko), Muarojambi. Di TPS itu, 102 surat suara DPRD Muarojambi Dapil II masuk ke Dapil III Kecamatan Jaluko. Akibat kesalahan itu, pemilih kebingungan mencari nama caleg yang akan mereka conteng.

Ketua KPUD Muarojambi Asnawi mengakui kesalahan itu karena kelalaian pihaknya. Sebagai solusi, KPUD langsung mengganti surat suara tersebut. Bagaimana dengan surat suara Dapil II yang telah telanjur masuk ke bilik suara? Asnawi mengatakan, persoalan itu telah dia laporkan ke KPUD Provinsi Jambi. Hasilnya, “Surat suara tersebut tetap akan dihitung dan dimasukkan dalam suara partai.”

Persoalan seperti itu juga terjadi di Dapil IX Kelurahan Pijoan, Muarojambi. Tiga surat suara Dapil II masuk ke Dapil III.
Di Tebo, surat suara juga ada yang tertukar. Di Dapil I Kecamatan Tebo Tengah, ada 100 surat suara tertukar dengan Dapil II Kecamatan Rimbo Ulu. Sedangkan surat suara Dapil II Rimbo Ulu tertukar dengan surat suara Dapil III Tebo Ulu.

Surat suara juga tertukar di TPS 6, 7, dan 16, Kelurahan Tebingtinggi, Kecamatan Tebo Tengah. Di tiga tempat itu, surat suara tertukar antara Dapil I dan II. Menurut ketua KPPS setempat, Yahya Salim, hingga pukul 11.00 WIB, tercatat 89 surat suara tertukar.

Ketua KPUD Tebo Firdaus mengatakan, terkait surat suara yang tertukar, pihaknya akan meminta petunjuk dari KPUD Provinsi Jambi. “Dalam perhitungan nanti surat suara yang tertukar akan kami pisahkan terlebih dulu sembari menunggu petunjuk dari KPUD Provinsi,” ujar Firdaus.

Ketua KPPS
Tak Masuk DPT

Tak hanya warga biasa yang tidak masuk dalam DPT sebagai syarat memilih, ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) ternyata ada juga yang tidak terdaftar sebagai pemilih. Kasus itu menimpa AR Sayuti, ketua KPPS TPS XIV Telanaipura, Kota Jambi. Dia kecewa karena tidak bisa memberikan suara. Selain Sayuti, istri dan anak Rusli A selaku anggota KPPS di TPS XIV, juga tidak masuk DPT.

Di RT 02, Dusun Suka Rawa, Kelurahan Pijoan, Jaluko, Muarojambi, 21 warga tidak masuk DPT. Di RT 06, Kelurahan Pijoan, juga ditemui kasus yang sama. Sebanyak 30 orang warga desa mengaku tak masuk DPT. Malah ada dalam satu keluarga berjumlah sembilan orang tak masuk DPT. Di TPS 10 Desa Sarang Elang Kelurahan Pijoan, persoalan juga terjadi.

Sementara itu, puluhan warga tak dikenal mencoba memilih menggunakan undangan atas nama orang lain. Kejadiannya di TPS 7 dan 8, Kelurahan Telanaipura, Kota Jambi, sekitar pukul 10.00 WIB.

Seninti (42), saksi Partai Golkar yang bertugas di TPS 07, Telanaipura, membeberkan bahwa saat itu ada lima laki-laki datang memberikan suara di TPS tersebut. Tiga di antaranya telah berada di bilik suara. Namun warga lain curiga karena wajah-wajah itu tidak dikenal warga sekitar. Para saksi dan warga lalu mempertanyakan keberadaan orang-orang tersebut. Ternyata benar, setelah diminta menunjukkan identitas, lima orang itu tidak bisa menunjukkan.

Ketua KPPS 07, Z Asnawi (64), mengaku tidak tahu pasti kejadian itu. Setahunya cuma ada dua orang yang melakukannya, yakni membawa undangan atas nama Ali Ardi dan Balia Syaputra. “Namun belum sempat menconteng sudah ketahuan,” ujarnya.
Sedangkan Ketua KPPS TPS 08, Kelurahan Telanaipura, Syahbuddin R, mengatakan tidak ada masalah di TPS mereka. ”Yang ada hanya ada sekitar lima orang perempuan yang salah masuk TPS,” ujarnya.(roz/fes/cr02/san/can)

Posted in Pemilu 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,142 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: