PEMILU 2009: Ratusan Ribu Caleg Alami Gangguan Jiwa


JAKARTA (Lampost): Peluang menjadi anggota legislatif hanya dua persen dari jumlah calon yang terdaftar pada Pemilu 2009. Caleg gagal dan mengalami gangguan jiwa diprediksi mencapai ratusan ribu orang.

“Mereka mengalami gangguan jiwa seperti depresi hingga gangguan perilaku, pikiran bunuh diri, penggunaan zat berbahaya, serta ketergantungan alkohol,” kata Hervita Diatri dari Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) pada forum temu media cetak di Jakarta, Senin (20-4).

Hervita menjelaskan jumlah caleg mencapai 1.624.997 orang. Sementara itu, kursi yang tersedia untuk DPR, DPRD, dan DPD sebanyak 17.551 kursi. “Peluang gagalnya mencapai 98% dan peluang berhasilnya 2%.”

Mengacu pada data riset kesehatan dasar 2007, Hervita mengatakan dari caleg gagal yang akan mengalami gangguan jiwa ringan seperti depresi, kecemasan, sulit tidur, gangguan makan, keluhan fisik tanpa dasar diperkirakan mencapai 11,6% atau 186 ribu orang.

Sedangkan caleg gagal mengalami gangguan jiwa berat dengan tanda gangguan perilaku, keinginan bunuh diri, terlibat zat dan alkohol mencapai 0,3% atau 4.800 orang. “Mereka yang perlu dirawat di rumah sakit jiwa 10% dari penderita gangguan jiwa atau 480 orang.”

Mengapa caleg gagal itu mengalami gangguan jiwa? Hervita mengatakan pertama faktor individu. “Caleg yang stres tidak memiliki mekanisme adaptasi dan cara penyelesaian masalah yang kurang matang.”

Kedua, faktor sosial ekonomi. Menurut Hervita, mereka yang menjadi celeg karena ingin menyelamatkan usahanya yang bangkrut, dan investasi. “Banyak juga menjadi caleg ingin mendapat pekerjaan.”

Sementara itu, Ari Fahrial Syam dari Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM mengatakan mereka yang depresi bukan hanya caleg. “Beberapa pasien yang mengalami depresi di antaranya keluarga caleg,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Rudi Putranto dari Divisi Psikomatik, Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM. Rudi menyarankan keluarga caleg perlu mengantisipasi stres yang dialami calon wakil rakyat tadi.

“Berdasar pada studi kesehatan di Amerika Serikat, sebanyak 70% penyakit berkaitan dengan stres. Bahkan, 40% kematian awalnya dipicu stres,” kata dia. n MI/R-1

Posted in Pemilu 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: