PERGURUAN TINGGI: IAIN Terima 1.500 Mahasiswa


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan, Bandar Lampung, menerima 1.500 mahasiswa baru pada tahun akademik 2009–2010.

Mereka yang diterima melalui jalur penelusuran minat dan kemampuan akademik (PMKA) sebanyak 300 orang, sisanya dijaring lewat seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB).

Menurut Pembantu Rektor I IAIN Raden Intan Bandar Lampung Sulthan Syahril, pendaftaran jalur PMKA berlangsung mulai April hingga Juni dan SPMB tanggal 25 Mei–17 Juli. “Tahun ini kuota mahasiswa baru yang diterima di IAIN meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 1.080 mahasiswa,” kata dia usai sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di IAIN, Selasa (20-4).

Ia menambahkan di IAIN memiliki empat fakultas. Masing-masing Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin, dan Fakultas Dakwah. Adapun calon mahasiswa yang diterima melalui jalur PMKA akan diprioritaskan untuk Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah. Mereka akan memperoleh beasiswa. Syaratnya minimal mendapat peringkat I–X. “Namun, ini bergantung kepada apakah mereka lulus administrasi atau tidak,” ujar dia.

Bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur PMKA tidak dipungut biaya. Namun, saat mendaftar ulang membayar Rp25 ribu plus uang SPP, praktikum, ujian, perpustakaan, dan lain-lain.

Menurut dia, pendaftar melalui PMKA tahun lalu mencapai 300, sedangkan yang lulus administrasi sebanyak 200. Sedangkan pendaftar SPMB mencapai lebih dari 2.000 yang diterima hanya 1.080 mahasiswa.

Beasiswa

Sementara tahun ini IAIN memberikan 719 beasiswa bagi mahasiswa baru dengan nilai terbaik, baik mahasiswa yang diterima melalui jalur PMKA maupun mahasiswa yang diterima melalui ujian SPMB. Jatah tersebut meningkat 100% dibanding tahun lalu yang hanya 465 mahasiswa.

Sulthan menjelaskan beasiswa itu berasal daftar isian penyelenggaraan anggaran (DIPA) APBN. “Sebanyak 719 mahasiswa terbaik diberi Rp450 ribu/satu semester. Jika prestasi mereka tetap baik, beasiswanya dilanjutkan. Namun, kalau tidak baik, akan diberikan kepada mahasiswa lain yang berprestasi,” jelasnya. Beasiswa tersebut untuk membayar SPP dan kewajiban akademik lainnya yang diambil oleh mahasiswa sendiri melalui BRI.

Selain beasiswa dari pemerintah, IAIN juga memberikan besaiswa dari berbagai sumber, antara lain beasiswa Supersemar, beasiswa dari BI, PT Gudang Garam, Medica Oil Company kepada 120 mahasiswa. n AST/S-1

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS
3 comments on “PERGURUAN TINGGI: IAIN Terima 1.500 Mahasiswa
  1. Hudi says:

    Aq pengen kul ning kno..!

  2. Bena Ririzz says:

    Pendaftaran IAIN geLombang ke_2 kapan yua ? ?

    • bintang rosada says:

      saya bintang rosyadah dari IAIN RADEN INTAN LAMPUNG jurusan PBA semester 4, setiap semester saya selalu mendapatkan nilai tertinggi akan tetapi saya sama sekali belum pernah mendapatkan beasiswa bagi anak mahasiswa berprestasi seperti super semar,
      jd tolong di seleksi kembali mahasiswa2 yang berprestasi di kampus dan solusinya bgmn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,204 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: