Rekapitulasi Telat, Parpol akan Gugat KPU


JAKARTA–MI: Direktur Center for Electoral Reform (Cetro) Hadar N Gumay mengatakan parpol yang merasa tidak puas berpotensi menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena telambat merekapitulasi dan menetapkan hasil pemilu. Karena itu, KPU harus membuat alternatif untuk mengantisipasi masalah tersebut.

“Rekapitulasi dan penetapan hasil pemilu di daerah sudah terbukti terlambat. Mungkin saja penetapan secara nasional juga terlambat dan ini pelanggaran UU. KPU harus menyiapkan alternatifnya, termasuk menyediakan payung hukum. Misalnya meminta peraturan pengganti undang-undang (perppu),” kata Hadar kepada Media Indonesia di Jakarta, Rabu (24/4).

Hadar mengatakan bukan hanya publik tidak percaya, tapi peserta pemilu yang tidak puas bisa menggugat. “Berhentilah KPU membuat masalah. Membuat dirinya masuk perangkapnya sendiri,” tegas Hadar.

Langkah yang harus dilakukan KPU, menurut Hadar, pertama harus punya pemetaan masalah rekapitulasi hasil pemilu. “Kedua, harus bisa melakukan kegiatan bimbingan teknis, jangan dibiarkan dareah bekerja sendiri. Apalagi daerah yang cukup serius. Bila perlu KPU mengirim tim ke kabupaten/kota dari provinsi atau dari pusat,” jelasnya. (KN/OL-06)

Posted in Pemilu 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,204 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: