Masih Buka Lomba Penulisan Artikel


SURABAYA – Para siswa tingkat SMA se-derajat yang ingin mengikuti Olimpiade Membaca Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2009 untuk lomba menulis artikel, masih terbuka. Panitia masih memberi kesempatan pengiriman artikel sampai 9 Mei mendatang. Hingga kemarin (26/4), jumlah pendaftar lomba menulis artikel sudah ada 70 orang.

Direktur Eksekutif Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Asmono Wikan menyatakan, jumlah 70 peserta tersebut baru mereka yang mendaftar saja. Artinya, belum semua pendfatar itu mengirimkan karya atau artikelnya. ”Yang berminat silakan mendaftar lewat website SPS,” ujarnya.

Setelah semua artikel terkumpul, langsung akan dinilai panitia. Kemudian, pada 12 Mei diumumkan sepuluh besar. Dan, 13 Mei nanti, peserta yang masuk sepuluh besar akan hadir untuk mengikuti uji artikel. Asmono menjelaskan, ada dua hal yang diujikan. Yakni, keaslian artikel dan pemahaman tentang artikel yang ditulis.

”Dua hal itu yang nantinya akan ditanyakan oleh penguji. Keaslian artikel akan terlihat dengan dua pertanyaan tersebut,” ungkapnya.

Untuk lomba debat juga dimulai 12 Mei. Pada tanggal tersebut ada sepuluh putaran. Sore harinya akan diumumkan sepuluh besar. Dan, keesokan harinya (13/4) akan diadakan lima putaran. ”Pada sore harinya akan diadakan semifinal. Lalu, 14 Mei final debat dan menulis artikel,” ujar Asmono. Setelah diketahui pemenangnya, lanjut dia, mereka nantinya dikirim ke Jakarta untuk mewakili Surabaya.

Asmono menambahkan, pada tahun ini jumlah tim yang mengikuti lomba debat naik 250 persen dibanding tahun lalu. Jumlah tim tahun lalu hanya ada 22 tim, tahun ini ada 60 tim. Sedangkan sekolah yang ikut pada tahun lalu hanya 16 sekolah, kini ada 40 sekolah. ”Saya kira kenaikan yang luar biasa, minat siswa cukup besar,” ujarnya.

Asmono berharap dengan bertambahnya peserta itu nantinya juga dibarengi kualitas peserta. Tidak hanya jumlah saja yang bertambah, tapi juga kualitasnya tidak ada peningkatan. Karena itu, para peserta harus rajin membaca. Termasuk mengikuti berita-berita di media. (lum/hud)

sumber:jawapos.com

Posted in Prestasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: