Pesawat Nyungsep di Bambu, Pilot Tewas


BOGOR – Pesawat latih jenis KASA PK ANW milik Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, jatuh di kebun bambu Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, kemarin pukul 14.45. Seorang instruktur sekaligus pilot, Nicholas Mamburu, 35, dilaporkan tewas.

Dua penumpang lain yang mengalami luka serius merupakan siswa STPI. Mereka diketahui bernama Yani Mambasa Badar, 21, dan Kevin S. Manurung, 21.

Menurut informasi yang dihimpun Radar Bogor (Jawa Pos Group), pesawat tersebut jatuh bersamaan dengan hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Diduga, sebelum jatuh, pesawat kehilangan kendali karena cuaca buruk. Pesawat yang berangkat sekitar pukul 13.00 dari landasan PLP Curug, Tangerang, Banten, itu rencananya berlatih dan kembali ke PLP Curug.

Salah seorang saksi, Rubani, 35, menyatakan sempat mendengar raungan mesin pesawat mendekati rumahnya. Sesaat kemudian, terdengar dentuman keras dari arah kebun bambu. Namun, dia tidak mengira suara tersebut adalah pesawat jatuh.

Saat keluar rumah, dia melihat sebuah pesawat sudah berada di kebun bambu dengan badan pesawat tersangkut di batang bambu. Moncong pesawat itu sudah hancur. ”Beberapa bagian pesawat sudah tercecer di tanah,” ungkapnya.

Dia melihat salah seorang penumpang, yakni Kevin, sudah berada di tanah dengan kondisi pingsan. Diduga, dia terpental dari dalam pesawat sejauh lima meter. Hal itu terlihat karena pintu belakang pesawat sudah terbuka dan rusak.

Setelah berhasil dievakuasi, ketiga korban langsung dibawa ke Puskesmas Tenjo. Namun, kondisi sang pilot, Nicolas, semakin kritis. Dia meninggal di ambulans saat menuju RS Glen Siloang, Tangerang, Banten.

Menurut keterangan dokter puskesmas dr Heryanti Ipago, kondisi Nicolas sangat memprihatinkan. Diduga, korban mengalami luka dan perdarahan dalam. Sebab, di dalam kabin pesawat terdapat muntahan darah yang tercecer.

Sementara itu, kedua penumpang yang merupakan siswa tersebut langsung dirawat. Sekitar pukul 16.00, keduanya langsung dibawa ke RS Glen Siloang menggunakan ambulans. ”Kedua korban langsung dibawa ke Tangerang atas permintaan STPI,” jelasnya. (dkw/mad/jpnn/iro)

sumber :jawapos

Posted in Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: