Gelar Pameran Unggulan Pendidikan


PASURUAN – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (hardiknas), 2 Mei di Kota Pasuruan kemarin (2/5) terlihat berbeda. Di halaman gedung Untung Surapati (Unsur) Jl. Pahlawan, sebuah ajang pameran produk unggulan pendidikan. Hampir semua barang yang digerai merupakan hasil karya siswa.

Halaman gedung Unsur yang cukup luas itu, telah dikelilingi beberapa tenda. Setiap tenda telah terisi dengan display pameran produk unggulan di masing-masing tingkat pendidikan. Mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi, dan lembaga kursus lainnya.

Barang yang dipamerkanpun beragam. Sesuai dengan kemampuan usia di setiap tingkat pendidikan. Misalnya di tenda pameran anak-anak PAUD. Yang tampak di sana adalah aneka mainan edukasi. Tidak ketinggalan hasil lipatan yang dibuat oleh bocah-bocah TK sendiri.

Tidak hanya lembaga pendidikan umum yang ikut terlibat. Sekolah luar biasapun juga berpartisipasi. Menempati tenda di sudut Utara, SMPLB, dan SMALB mempertontonkan berbagai macam hasil ketrampilan anak-anak didik mereka.

Tenda ini tampaknya memiliki cukup banyak pengunjung, begitu dibuka Wali Kota Pasuruan, usai mengikuti upacar hardiknas di stadion. Pasalnya, mereka tidak hanya memamerkan barang jadi. Tapi juga menunjukkan praktek langsung para pelajar SLB.

Ada yang membuat ketrampilan dari biji-bijian, dan menciptakan beragam tempat pensil dari bambu, yang dihias dengan cat khusus.

“Kami ingin menunjukkan kemandirian siswa SLB yang sesungguhnya. Biar masyarakat percaya, anak-anak berkebutuhan khusus itu benar-benar disiapkan untuk lebih mandiri,” tegas Ita, Kepala Sekolah SMPLB Pasuruan.

Masyarakat kota yang tahu ada pameran pendidikan di gedung Untung Surapati, tidak mau menyia-nyiakannya. Kemarin, sejak pukul 07.30, mereka sudah tumplek blek memenuhi areal halaman gedung Unsur, untuk menyaksikan setiap gerai produk yang dipamerkan.

Bahkan ketika rombongan pejabat dispendik yang dipimpin kepalanya Bashori Alwi, bersama Wali Kota Aminurrokhman sampai di lokasi pameran, pengunjung pameran pun semakin tidak terbendung.

Hampir seluruh tenda, yang mewakili masing-masing lembaga pendidikan itu menjadi tontonan menarik bagi pengunjung yang datang. Banyak yang berdecak kagum melihat hasil ketrampilan yang dipamerkan dalam kegiatan peringatan hardiknas tersebut.

“Ternyata, anak-anak itu sudah diajari pinter buat ketrampilan sejak masih kecil ya. Itu lihat, ada patung naga dari kertas koran, sampai lembaran kain yang sudah dibatik. Kalau tidak dipamerkan seperti ini, kami mana bisa tahu,” ungkap Wahyuni, salah seorang pengunjung dari Kelurahan Bakalan Pasuruan. (via/yud)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: