Kunci Jawaban UN 98% Benar


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kunci jawaban ujian nasional SMP yang beredar di kalangan siswa ditengarai 92 hingga 98,5 persen benar.

Berdasar pada hasil analisis guru inti dan tim dari forum martabat guru, kunci jawaban soal Bahasa Indonesia salah tiga dari 50 soal atau kebenarannya mencapai 94 persen. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dari 50 kunci jawaban yang beredar hanya 1 soal yang salah, ini berarti kebenarannya mencapai 98 persen. Sedang kunci jawaban Matematika, hanya salah 3 dan kebenarannya mencapai 92,5 persen.

Sekretaris Forum Martabat Guru Indonesia Gino Vanollie mengatakan dengan adanya fakta yang demikian ini pihaknya menduga ada pihak-pihak yang sengaja mengerjakan soal sebelum UN berlangsung.

“Kami mendesak Dinas Pendidikan segera membentuk tim menginvestigasi masalah ini. Kalau terbukti ada pihak yang bermain curang agar segera diambil tindakan tegas,” kata dia di Bandar Lampung, Jumat (1-5).

Dia mengatakan kunci jawaban UN SMP sudah beredar pada Minggu malam atau sehari sebelum pelaksanaan UN. Modus yang sama juga ditemukan saat UN SMA berlangsung, bahkan para siswa bebas memfotokopi kunci jawaban sebelum UN berlangsung.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Johnson Napitupulu yang dimintakan konfirmasinya berjanji bekerja sama dengan Dinas Pendidikan kabupaten/kota, tim pemantau UN atau TPI untuk menindaklanjuti hal tersebut.

“Kami akan cek dan ricek lebih dahulu mengenai berbagai dugaan kecurangan UN yang kita terima,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (1-5).

Dia mengatakan pihaknya tidak bisa serta-merta memproses berbagai berita kecurangan. Namun, dia berjanji memproses berbagai pelanggaran yang terjadi pada pelaksanaan UN. “Jika terbukti ada oknum yang melanggar ketentuan yang berlaku, kami akan proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata dia.

Namun, Johnson membantah terjadinya kecurangan karena ada instruksi Dinas Pendidikan meningkatkan persentase kelulusan. “Saya kira kalau ada kepala sekolah yang dipindah setelah UN, jangan dikait-kaitkan dengan hasil UN di sekolahnya,” kata dia.

Sementara itu, dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Dinas Pendidikan Provinsi Lampung akan menggelar upacara bendera. Kegiatan tersebut dilaksanakan Sabtu (2-5), mulai pukul 08.00, di Stadion Pahoman dengan inspektur upacara Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu.

Dinas Pendidikan juga menggelar berbagai kegiatan tambahan dalam rangka Hardiknas. Kegiatan tersebut, yakni lomba menyanyi, pertandingan bulu tangkis, pertandingan tenis lapangan, lomba olahraga tradisional, dan lomba memasak. Kemarin juga diadakan pemeriksaan gratis bagi para pegawai di lingkungan Diknas. Kegiatan ini sangat diminati karena puluhan pegawai antre mengikuti pemeriksaan kesehatan tersebut. n UNI/S-1

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: