Mahasiswa Unair Protes Kenaikan SPP


SURABAYA – Sekitar 150 mahasiswa Unair kembali menentang keputusan kenaikan SPP. Kemarin (1/5), para mahasiswa yang rata-rata aktivis organisasi mahasiswa (ormawa) itu berunjuk rasa di gedung rektorat Unair. Seperti dalam aksi sebelumnya, mereka menuntut agar SK kenaikan SPP untuk mahasiswa baru ditiadakan.

Menurut Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair Ahmad Faiz Khudlarie, aksi tersebut merespons SK yang telah dikeluarkan diam-diam oleh rektorat. Sebab, ternyata rektor sudah meneken SK itu pada 31 Maret 2009. ”Janji rektor melibatkan mahasiswa saat pengesahan SK kenaikan SPP ternyata bohong. SK itu dibuat tanpa melibatkan mahasiswa,” ujarnya.

Dalam aksi kemarin, mahasiswa mempertontokan teatrikal serta beragam poster bernada protes atas SK kenaikan SPP tersebut. Setelah bergantian berorasi, beberapa wakil diundang wakil rektorat untuk berdiskusi. Namun, ternyata tidak juga ada titik temu.

Karena itu, wakil mahasiswa memberi waktu 7 x 24 jam kepada rektorat untuk melakukan mediasi. ”Harus ada pembahasan terkait dengan regulasi untuk mahasiswa miskin,” tegasnya.

Sebelum aksi bubar, aktivis mahasiswa memberikan bingkisan sebuah kardus kepada rektorat. Bingkisan itu berupa seekor anak ayam yang diikat benang hitam. ”Ini simbol kekecewaan kami kepada rektorat,” ujar Faiz.

Wakil Rektor II Unair Prof Muslich Anshori menjelaskan, rektorat tidak bisa mengubah SK yang telah ditetapkan rektor. Peraturan itu sudah tertuang dalam SK Rektor Nomor 02/H3/PR/2009 tentang Biaya Pendidikan Program Pendidikan Diploma, Sarjana (S-1), Pascasarjana, Profesi, dan Spesialis Tahun Akademik 2009/2010. Karena itu, kenaikan SPP tersebut sudah menjadi keniscayaan. ” Tidak bisa diubah,” ujar dosen fakultas ekonomi itu.

Dia menambahkan, penetapan tersebut didesain sejak 2008. Hal itu juga sudah melalui proses serta pertimbangan matang dari seluruh pimpinan Unair.

Dalam SK tersebut ditetapkan, SPP untuk mahasiswa baru fakultas IPA, yakni fakultas kedokteran (FK), fakultas kedokteran gigi (FKG), fakultas farmasi (FF), fakultas kedokteran hewan (FKH), fakultas sains dan teknologi (Saintek), fakultas kesehatan masyarakat (FKM), fakultas ilmu keperawatan, dan fakultas budidaya perairan menjadi Rp 1,25 juta per semester. Awalnya Rp 800 ribu atau ada kenaikan Rp 450 ribu.

Untuk fakultas IPS, yakni fakultas fukum (FH), fakultas ekonomi (FE), dan fakultas psikologi, besaran SPP yang awalnya Rp 600 ribu akan menjadi Rp 1 juta. Untuk fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) dan fakultas ilmu budaya (FIB), SPP yang awalnya Rp 600 ribu naik menjadi RP 800 ribu. Kenaikan itu akan diterapkan untuk mahasiswa baru 2009/2010. (alb/hud)

sumber:jawapost.co.id

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: