Menelisik Sekolah Ikatan Dinas Lulus, Langsung Bisa Kerja


PADANG, METRO–Ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA sudah usai. Sekarang, seluruh siswa berburu memilih perguruan tinggi mana yang bakal mereka pilih setelah lulus ujian yang diumumkan pertengahan Juni nanti. Namun, tak jarang ada yang memilih sekolah tinggi dengan ikatan dinas dicari lulusan SMA.

Sayang, informasi untuk mendapatkan informasi sekolah ini masih terbatas. Pasalnya, hingga sekarang dari sekian banyak sekolah ikatan dinas, hanya 1 yang dikoordinator Pemprov Sumbar, yakni Institut Perguruan Tinggi Dalam Negeri (IPDN). Padahal, masih banyak sekolah tinggi lain, seperti Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom dan lainnya.

“Saat ini yang dikoordinasikan dengan pemerintah di daerah hanya IPDN. Karena IPDN di bawah naungan Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Sedangkan yang lain tidak ada,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerha (BKD) Sumbar Jayadisman SH, kepada POSMETRO, Jumat (1/5). “Khusus untuk IPDN, aksesnya cukup banyak diketahui masyarakat.

Karena, akan diumumkan melalui media dan juga website Sumbar. Bahkan seluruh kabupaten/kota juga akan mengumumkan persyaratan dan kapan seleksi administrasi,” lanjutnya yang menyebutkan IPDN akan diumumkan Mei ini. Sekolah ikatan dinas —langsung bekerja usai menamatkan studi—, yang biayanya ditanggung pemerintah serta mendapat uang saku, hingga saat ini masih diminati siswa. Dikatakan, Jayadisman untuk sekolah tinggi lain, pada umumnya langsung di bawah koordinator Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti Telkom maupun Departemen Keuangan.

Seperti yang dilakukan, Rahmat (18) siswa SMA 10 Padang yang bercita-cita masuk ke Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Keinginan untuk masuk STAN, selain berminat dengan keuangan dan akutansi, Rahmat juga berharap dengan masuk sekolah ikatan dinas, dirinya dapat langsung bekerja. “Untuk masuk sekolah ini cukup susah, karena saingan sangat berat. Tapi, tak ada salahnya untuk dicoba. Jika tidak lulus, nanti bisa ikut SPMB,” katanya.

Sementara, Sandra (17), siswi SMA 10 yang ingin masuk STT Telkom mengatakan, rencana masuk sekolah yang memiliki ikatan dinas, tak lain karena masukan dari senior-senior dan teman-temannya. Untuk informasi, didapat dari guru dan juga melihat ke website STT Telkom. Seluruh informasi dan cara pendaftaran dapat diketahui dengan mengakses internet. “Sekolah apa saja sekarang bagus. Tinggal memilih yang mana cocok dan mampu untuk kita,” katanya.(ren)

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 457,735 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: