SELEKSI MASUK: Tujuh PTN Ujian Awal Juni


JAKARTA (Ant/Lampost): Tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) menyelenggarakan ujian masuk bersama (UMB-PTN) yang akan diselenggarakan pada Sabtu–Minggu, 6–7 Juni.

Koordinator UMB-PTN Prof. Dr. Sutjipto di Jakarta, Selasa (28-4), mengatakan ujian tulis itu akan dilakukan pukul 08.00 serentak di Aceh, Medan, Padang, Jambi, Palembang, Lampung, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

Pendaftarannya dilakukan secara online melalui website http://www.spmb.or.id menggunakan pin dari BNI dan sudah dimulai pada 27 April dan ditutup pada 26 Mei 2009.

Tujuh PTN yang bergabung dalam Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Nusantara itu, yakni Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jambi (Unja), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan UIN Makassar.

Harga formulir pendaftaran untuk kelompok IPA/IPS Rp200 ribu dan IPC Rp225 ribu. Setiap peserta bisa mendaftar empat program studi.

“Daya tampung tahun ini 8.436 kursi dengan 291 program studi, turun dibanding dengan tahun lalu yang 10.672 kursi. Tahun sebanyak 98.426 orang mendaftar,” kata Sutjipto.

Menurut dia, hingga kemarin, 1.489 orang sudah mendaftar sebagai peserta. Sutjipto mengatakan Perhimpunan SPMB Nusantara yang sudah berpengalaman membuat soal menjamin kualitas soal.

Tahun ini, kata dia, Universitas Hasanuddin tidak lagi menjadi anggota, tapi tiga PTN, yakni Unsyiah, Unja, dan UIN Makassar menjadi anggota.

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Syamsul Rizal mengatakan manfaat bergabung dengan Perhimpunan SPMB Nusantara ini agar anak-anak Aceh bisa mengikuti pendidikan tinggi di daerah lain seperti di USU, UI, dan lain-lain.

Di tempat terpisah, Deputi Direktur Humas UI Devie Rahmawati di Jakarta, kemarin, mengatakan UI menolak disebut makin komersial karena biaya kuliah per semester untuk mahasiswa tahun ini paling murah Rp100 ribu dan termahal Rp5 juta untuk IPS dan Rp7,5 juta untuk IPA.

“Bandingkan saja dengan biaya pendidikan tinggi yang riil, Rp18 juta untuk IPS dan Rp25 juta untuk IPA per semester.”

Sedangkan uang pangkalnya bervariasi dari mulai yang tidak perlu membayar sampai paling mahal Rp15 juta untuk IPS dan Rp28 juta untuk IPA, kata Devie.

“Ada 56 mahasiswa yang dibebaskan uang pangkalnya dan hanya membayar Rp100 ribu per semester asalkan bisa menunjukkan dirinya bukan dari keluarga mampu,” kata dia. Devie menambahkan mahasiswa yang ketahuan berbohong diwajibkan membayar dua kali lipat dari ketentuan pembayaran.

UI, urainya, menggunakan beberapa jenis ujian masuk, yakni seleksi masuk (sima), ujian masuk bersama perguruan tinggi negeri (UMB-PTN) dan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM-PTN) dari total daya tampung 5.000 mahasiswa tahun ini.

Untuk sima yang telah diselenggarakan pendaftarannya sejak 1 Maret 2009 memperebutkan 56 persen kursi UI yang ada, sedangkan UMB-PTN 10 persen dan SNM-PTN 18 persen.

“Semua mahasiswa dari berbagai jenis ujian dikenakan bayaran yang sama,” kata dia.

Sedangkan untuk mahasiswa berprestasi mendapat jatah 16 persen, yakni program pemerataan peserta belajar (PPKB), program olahraga dan seni dibayarkan lembaga pengirimnya. n S-1

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS
One comment on “SELEKSI MASUK: Tujuh PTN Ujian Awal Juni
  1. diAN says:

    sayang banget deh UNHAS ga masuk anggota UMB-PTn (T-T)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: