Korban Infeksi Flu Babi Di Chile Naik Jadi Empat Orang


Santiago (ANTARA/Xinhua-OANA) – Departemen Kesehatan Chile, Senin, menyatakan kasus penularan flu babi A/H1N1 di negeri itu telah naik menjadi empat, sejak dua korban pertama dilaporkan akhir pekan lalu.
Tiga dari keempat orang yang sakit itu adalah perempuan yang tiba Sabtu dari Republik Dominika dan pasien keempat adalah anak laki yang berusia enam tahun dan terinfeksi virus tersebut dalam kondisi yang tak diketahui.

Pemimpin bagian Epidemiologi di Departemen Kesehatan Chile tersebut, Dr. Claudia Gonzalez, mengatakan kepada wartawan bahwa ketiga perempuan itu telah dirawat di rumah sakit di ibukota negeri tersebut kini menerima perawatan dan berada dalam kondisi stabil.

Sementara itu, anak laki-laki itu berada di rumahnya dan sehat, sementara keluarganya telah dikarantina dan menjalani perawatan prophylactic.

“Salah satu tindakan pengurungan ialah menutup sekolah anak itu selama tujuh hari sementara departemen ini memeriksa tempat tersebut, guna menilai situasi dan melakukan penutupan epidemiologi yang berkaitan,” kata Gonzalez.

Gonzalez mengatakan tampaknya tak mungkin bahwa penyakit itu telah menyebar ke masyarakat, dan mengatakan lembaga pendidikan lainnya mesti melanjutkan kegiatan mereka secara normal.

“Departemen percaya ini adalah kasus tersendiri dan tak ada bukti mengenai penularan dari orang-ke-orang sampai saat ini,” kata Gonzalez.

Sementara itu, Yunani pada hari yang sama mengkonfirmasi kasus pertama flu babi A/H1N1, yaitu seorang warga negara Yunani yang baru pulang dari Amerika Serikat, Sabtu lalu.

Pemuda itu mengalami gejala seperti flu dan diperiksa positif, segera setelah ia dibawa ke rumah sakit, kata Wakil Menteri Kesehatan Yunani Giogios Papageorgious, yang memberi taklimat mendadak ketika pemeriksaan laboratorium kedua mengkonfirmasi kasus tersebut.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Dimitris Avramopoulos, yang sedang menghadiri Sidang Majelis Umum Kesehatan Dunia WHO Ke-62 di Jenewa, mengatakan kepada media Yunani bahwa semua tindakan pencegahan yang ditetapkan oleh peraturan internasional dan Uni Eropa telah dilakukan dan kasus itu terkendali dan kesehatan masyarakat tak terancam.

“Konfirmasi ini kami terima tepat pada waktunya ketika dunia sedang mempertimbangkan masalah penting ini,” kata Avramopoulos.

Posted in Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: