SMPK Stella Maris Plong Setelah Membedah detiksurabaya.com


Surabaya – Teknologi Informasi yang terus berkembang menjadi alasan sendiri bagi pelajar SMPK Stella Maris Surabaya untuk mempelajari roh media online. Rasa keingintahuan yang cukup besar tentang media pelajar-dlonline yang belakangan ini tumbuh subur di Tanah Air akhirnya terjawab setelah siswa-siswi SMPK Stella Maris menengok markas besar detiksurabaya.com di Jalan Jimerto 17 A, Surabaya, Selasa (19/5/2009), pukul 09.00 WIB.

Delapan pelajar yang aktif di media internal sekolah yang berada di kawasan Tembakan ini didampingi 2 gurunya memberondong kru detiksurabaya dengan berbagai pertanyaan seputar kinerja jurnalis media online yang bisa menghasilkan informasi-informasi dengan cepat.

Di ruang pertemuan yang sederhana, jurnalis cilik itu mendapat paparan tentang media online dan perkembangannya dari Kepala Biro detiksurabaya Budi Sugiharto. Bahkan dua guru, Indy dan Celine tak mau kalah. Celine ingin mengetahui mekanisme pengiriman berita dari para pelajar maupun soal hak jawab narasumber yang keberatan atas pemberitaan di detiksurabaya.

“Bagaimana dengan berita yang dikomplain,” tanya Celine. Namun dia pun akhirnya lega setelah mendapat penjelasan bahwa setiap adanya keberatan dari pihak-pihak tertentu tetap akan mendapat porsi pemberitaan untuk hak jawabnya. “Kita sangat menghormati hak jawab jika ada yang keberatan,” jawab Budi Sugiharto.

Setelah 30 menit membedah detiksurabaya, rombongan pelajar ini pun melanjutkan mengintip kerja redaksi, marketing serta divisi promosi. Di ruang redaksi, mereka terheran-heran saat menyaksikan kesibukan penulis dan reporter. Mereka sempat menyatakan keheranannya tentang wartawan yang selalu tahu adanya peristiwa dalam waktu cepat.

“Repot sekali ya, mbak itu menerima laporan lalu mengedit dan menayangkannya (upload),” gumam seorang pelajar sambil mengamati Fatichatun Nadiroh alias Icha yang sedang menerima laporan berita dari Mojokerto. Para pelajar tersebut juga diingatkan Budi, jika mengutip informasi dari situs atau blog diwajibkan menyebutkan sumber secara lengkap. “Itu etikanya. Harus menghormati hak cipta, jangan cuma copy paste,” canda Budi alias Uglu ini.

Setelah di ruang redaksi, para pelajar ini bergeser ke ruang marketing dan promosi. Liana Syah (marketing) pun menjelaskan satu persatu bentuk iklan yang ada di detiksurabaya.com. Dan yang terakhir, Gilang Permana alias Polenk menjadi sasaran.

Dengan semangat, Gilang menjelaskan mengenai forum detiksurabaya yang sekarang ini telah melahirkan komunitas Detik Surabaya Community (DSC). “Siapapun bisa bergabung. Tidak ada batasan usia atau pendidikan,” terangnya. Para pelajar pun janji akan menjadi member forum detiksurabaya.

“Wah habis ini di sekolah langsung masuk lab dan ramai-ramai buat account ya,” gurau Celine yang ikut mendampingi anak didiknya itu. Setelah hampir 1 jam keliling, rombongan SMPK Stella Maris ini pun pamitan. Namun sebelumnya, mereka berfoto ria dan menyerahkan oleh-oleh.

“Jangan lupa detik hadir ya di Pesta Senin 60 Tahun SMPK Stella Maris,” pinta mereka secara kompak. Menurut Celine, untuk merayakan ulang tahun sekolahnya, pada Kamis (21/5/2009) malam digelar pentas dan seni di The Empire Palace. Acara itu dimeriahkan dengan guest star The Changcuters,” katanya.

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: