PSB Mandiri Bukti Ketidakpercayaan Terhadap UN


PSB Mandiri Bukti Ketidakpercayaan Terhadap UN

Jakarta, Pelita
Pengamat pendidikan sekaligus Direktur Institute for Education Reform dari Universitas Paramadina, Utomo Dananjaya, menyatakan sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) yang dilakukan secara mandiri di beberapa sekolah unggulan di Jakarta adalah bukti ketidakpercayaan terhadap hasil Ujian Nasional (UN).
Penyeleksian siswa baru secara mandiri yang dilakukan sebelum pengumuman UN adalah bukti bahwa hasil ujian tersebut kini tidak lagi dipandang sebagai satu-satunya barometer untuk melihat kemampuan murid dalam memahami pelajaran yang diberikan di sekolah, katanya di Jakarta, Senin (25/5).
Menurut Utomo Dananjaya , hal ini terjadi karena UN dianggap rawan kecurangan sehingga tidak layak/kredibel untuk menentukan kelayakan seorang siswa diterima di sekolah tujuan.
Beberapa sekolah unggulan lebih memilih menyelenggarakan ujian mandiri karena khawatir hasil ujian UN tersebut tidak murni dari kemampuan siswa sendiri.
Selama ini banyak terjadi kecurangan dalam UN baik yang dilakukan oleh guru maupun murid. Jadi wajar saja kalau sekolah unggulan merasa perlu untuk melakukan tes masuk sekolah sendiri katanya seperti dilansir Antara.
Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan Internat Al Kausar, Douglas Prabowono, menyatakan pihaknya menyelenggarakan ujian masuk secara mandiri karena ingin mendapatkan siswa-siswa berprestasi.
Kami tetap memperhitungkan hasil UN. Namun, kami ingin mengevaluasi dari awal agar mendapatkan siswa yang memenuhi kriteria untuk masuk sekolah ini, kata Douglas Prabowono .
Direktur yayasan yang telah membangun SMA/MA Insan Cendekia dan SLTP-SMA Internat Al Kausar ini menyatakan pihaknya telah menyusun beberapa tahapan tes dalam menerima murid baru yakni psikotes, akademik dan wawancara.
Saat ini, katanya, terdapat 33 orang calon siswa SMA/MA Insan Cendekia yang telah diterima dari 60 orang pendaftar awal. Sebelumnya, sekolah berasrama yang terletak di daerah Sukabumi, Jawa Barat, ini telah menyelenggarakan ujian masuk sejak bulan Februari-Mei 2009 yang dibagi dalam tiga gelombang.
Beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta yang mengadakan ujian masuk mandiri antara lain SMA BPK Penabur I Tomang, Al Izhar Pondok Labu, Tarakanita 2, serta SMP/SMA Labschool di Rawamangun dan Kebayoran Baru. (dik)

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: