Barcelona juara Liga Champions


20080921142327barcelona203Barcelona menjadi juara Eropa setelah dalam final di Roma menang 2-0 atas Manchester United berkat gol-gol dari Samuel Eto’o dan Lionel Messi.
Kemenangan Barcelona ini merupakan prestasi mengesankan bagi pelatih klub tersebut Pep Guardiola, 38 tahun, yang baru satu musim di sana.

Barcelona sebelumnya sudah memastikan menjadi juara La Liga dan Piala Copa del Ray.

Guardiola yang memulai karirnya sebagai anak gawang di Nou Camp, sekarang juga mencatat sejarah dengan menjadi mereka yang menjadi juara Liga Champions, sebagai pemain maupun sebagai pelatih.
Guardiola menjadi pelatih termuda yang menjadi juara Liga Champions sejak Piala Eropa ini berubah menjadi Liga Champions di tahun 1993.

Barcelona menjadi juara juga di tahun 1992 dan 2006.
“Belum pernah ada tim yang menjadi juara tiga kali di Spanyol. Kami akan diingat sebagai tim pertama yang melakukan hal tersebut,” kata penyerang Barcelona, Thierry Henry.

Manchester United sendiri sebenarnya mengejar gelar keempat setealh sebelumnya sudah menjadi juara Liga Utama Inggris, antar klub dunia, dan Piala Carling.

Namun ManUnited hanya menguasai pertandingan di 10 menit pertama dan setelah itu Barcelona menunjukkan bahwa mereka satu kelas lebih baik.

Kekalahan ini membuat manajer ManUnited, Alex Ferguson hanya mendapatkan 25 piala dalam 23 tahun sebagai manajer.

Dia gagal menyamai prestasi manajer Liverpool Bob Paisley yang merebut tiga gelar Piala Eropa.

“Kami tidak bermain sebaik yang kami inginkan, namun Barcelona memang adalah tim bagus. Xavi Hernandez dan Andres Iniesta selalu menguasai bola dan itu membuat keadaan jauh lebih sulit,” kata Ferguson.

Pemain sayap ManUnited Park Ji-sung dari Korea Selatan menjadi pemain Asia pertama yang bermain di final Liga Champions.

Gol Eto’o and Messi

Pertandingan baru berjalan semenit ketika tendangan bebas Cristiano Ronaldo mental dari kiper Victor Valdes, namun tendangan Park Ji Sung yang mengejar bola muntah berhasil diblok oleh Gerard Pique.

Selama sembilan menit pertama, United menguasai permainan, namun lewat serangan pertama Barcelona, pertandingan berubah.

Bermula dari umpan Andres Iniesta, Samuel Eto’o mengecoh Nemanja Vidic dan menaklukkan Edwin van der Sar di tiang dekat.

Sejak itu Barcelona mengendalikan final Liga Champions dan United hanya mengejar bayang-bayang.

Babak ke dua

Di awal babak ke dua, tendangan Thierry Henry ditepis oleh Edwin van der Sar. Beberapa menit kemudian tendangan bebas Xavi Hernandez menghantam tiang kiri van der Sar.

Dari begitu banyak peluang akhirnya, Barcelona menambah gol di menit ke 70. Umpan lambang Xavi disambut sundulan kepala Lionel Messi dan tidak berhasil disentuh Edwin van der Sar.

Barcelona untuk ke tiga kalinya menjadi juara Eropa.

Kemenangan Barcelona juga merupakan prestasi besar bagi Pep Guardiola yang baru semusim menjadi manajer.

Selain menjadi juara Liga Champions, Barcelona menjadi juara La Liga dan Copa del Rey.

Posted in Olah Raga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: