Semburan Lumpur Meluas


T20090528bIGA TAHUN SEMBURAN LUMPUR Tampak, kondisi pusat semburan lumpur panas dan sekitarnya difoto dari udara, kemarin. Menjelang tiga tahun semburan lumpur panas Sidoarjo pada Jum’at (29/5), Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) belum mampu menghentikan semburan lumpur.

SIDOARJO(SI) – Hingga menjelang tiga tahun yang jatuh pada Jumat (29/5),musibah semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo ,Jawa Timur,hingga kini belum bisa dihentikan. Semburan gas berbahaya di kawasan sekitar pusat semburan lumpur panas justru semakin meluas,seperti di lahan kosong Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin.

Semburan gas yang diketahui pertama kali pada Selasa (26/5) malam itu kadang membesar dan mengecil. Namun, sejauh ini semburan masih belum berbahaya karena muncul di sisi kiri pintu masuk Tol Porong-Surabaya yang jauh dari permukiman penduduk. Semburan gas itu merupakan semburan yang ke-108 yang ada di luar peta terdampak lumpur. Tim pemantau gas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) kemarin kembali mengukur kandungan gas dengan gas detektor. Diketahui, kadar low explossion limit (LEL) atau batas mudah meledak semburan tersebut lebih dari 100%.

“Tingkat mudah terbakarnya semburan gas yang mengandung metana tersebut cukup tinggi. Untuk mengamankan semburan gas ini,kami akan segera memasang pipa setinggi kira-kira 5 meter ke arah udara. Fungsi pipa itu untuk melarutkan gas ke udara dan akan dibakar,” papar Kepala Divisi Gas BPLS Dodi Irmawan. Menurut dia,pembakaran gas di lokasi tersebut aman dilakukan karena semburan gas jauh dari permukiman penduduk. Lain halnya jika semburan berada di kawasan permukiman, akan dipasang pipa ke atas dan akan dibiarkan.

Pantauan Divisi Gas BPLS beberapa bulan terakhir mengakui bahwa semburan gas baru memang semakin meluas. Salah satu penyebab perluasan semburan itu adalah tingginya beban penumpukan lumpur di tanggul kolam penampungan lumpur. Pekan lalu, semburan gas muncul di permukiman RW 01, Siring Barat,Kecamatan Porong. Bertambahnya jumlah semburan gas semakin menambah kecemasan warga. “Munculnya semburan itu juga dipengaruhi musim.Kalau musim hujan, semburan gas banyak yang berhenti. Sedangkan musim kemarau, semburan gas lebih banyak bermunculan,” ungkap Dodi Irmawan.

Meski demikian, dia mengaku semburan gas sifatnya fluktuatif, kadang membesar dan kadang mengecil. Dodi mengakui semburan gas yang berada di Siring Barat dan sekitarnya bisa dimanfaatkan untuk memasak.“Kami sudah memasang puluhan saluran gas untuk memasak, warga sekitar,”ungkapnya Hingga kemarin, warga Siring Barat tetap berharap segera mendapat ganti rugi dari pihak PT Minarak Lapindo Jaya (Minarak).Kawasan yang mereka tempati sudah tidak layak huni karena banyak bermunculan semburan gas.

“Memang kami bisa memanfaatkan gas itu untuk memasak.Tetapi,kamiinginmendapat ganti rugi dan segera pindah dari sini (Siring Barat),”ujar Nur Khasanah, warga Jalan Flamboyan Siring Barat. Akhmad Kusairi, staf Humas BPLS mengaku kalau kawasan Siring Barat, Jatirejo Barat dan Mindi, Kecamatan Porong tidak layak huni karena banyak bermunculan semburan gas.“Untuk merelokasi tiga kawasan itu, BPLS tetap menunggu rekomendasi dari DPR.Karena dana yang akan digunakan dari APBN 2009,”ujarnya.

Di sisi lain,upaya untuk keluar dari kemacetan akibat semburan lumpur Lapindo dengan membangun Tol Porong–Gempol terganjal dengan pembebasan lahan.Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengaku,sejauh ini proses pembebasan jalan tol masih belum selesai di beberapa daerah, salah satunya di Kabupaten Jombang. Hingga memasuki tahun ketiga semburan lumpur,proses pembebasan lahan diperkirakan masih berjalan 70%.

”Tinggal beberapa saja yang macet. Tapi, kita akan tetap mempercepat pembangunan jalan tol tersebut,” ujarnya kemarin.Tahun ini semua pembebasan tanah bisa diselesaikan.Untuk pembangunan tol sebagai jalur alternatif itu, ditargetkan selesai 2010. (abdul rouf/tritus julan)

Posted in Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: