Airbus A330 Perancis hilang


Satu pesawat milik maskapai Air France dari Brazil ke Perancis dengan 228 penumpang hilang di Atlantik setelah diduga tersambar petir.
Para pejabat maskapai penerbangan ini mengatakan pesawat jenis Airbus itu mengirim pesan otomatis jam 0214 GMT, empat jam setelah meninggalkan Rio de Janeiro, melaporkan terjadi hubungan arus pendek saat terbang menembus badai hebat.

Pesawat itu berada di atas lautan Atlantik saat hilang, sehingga upaya pencarian Brazil dan Perancis semakin sulit.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan kemungkinan untuk menemukan korban selamat sangat kecil.

”Ini merupakan bencana yang belum pernah dialami oleh Air France sebelumnya,” kata Sarkozy usai bertemu dengan sanak saudara dan handai taulan penumpang pesawat naas tersebut di pusat pengendalian krisis bandar udara Charles de Gaulle.

Sebelumnya direktur eksekutif Air France, Pierre-Henri Gourgeon, mengatakan kepada para wartawan: “Tanpa keraguan lagi kami mengalami bencana di udara.”

Ia menambahkan: ”Kami di Air France sepenuhnya berbuat sebisa mungkin untuk sanak keluarga dan ikut merasakan duka yang dalam.”

Menteri Perancis yang bertanggungjawab atas transportasi, Jean-Louis Borloo, menampik faktor pembajakan sebagai penyebab hilangnya pesawat itu.

“Pesawat itu disambar petir – ini satu kemungkinan,” ujar Francois Brousse, kepala komunikasi Air France kepada para wartawan di Paris.

Pesawat bernomor penerbangan AF 447 meninggalkan Rio jam 1900 waktu setempat (0400 WIB) hari Minggu.

Pesawat ini mengangkut 216 penumpang dan 12 awak termasuk tiga pilot, para penumpang terdiri dari satu anak bayi, tujuh anak-anak, 82 wanita dan 126 prila.

Rincian kewarganegaraan penumpang belum dirilis namun diyakini terdapat warga Italia dan Inggris selain penumpang asal Perancis dan Brazil.

‘Pencarian panjang’

Pesawat jenis Airbus 330-200 dijadwalkan tiba di Paris jam 11.10 waktu setempat (1510 WIB).

Dilaporkan pesawat itu hilang sekitar 300 km timur laut kota Natal, Brazil.

Juru bicara Angkatan Udara Brazil Kolonel Henry Munhoz mengatakan kepada televisi Brazil bahwa pesawat ini tidak tertangkap radar di kepulauan Cape Verde, dan membenarkan bahwa pesawat angkatan udara Brazil telah meninggalkan Fernando de Noronha untuk melakukan pencarian.

Satu pesawat militer Perancis juga telah diterbangkan dari Senegal untuk ikut melakukan pencarian.

Borloo mengatakan pesawat itu kemungkinan sudah kehabisan bahan bakar.

“Radar Spanyol tidak menangkap apapun, radar Maroko dan Perancis juga tidak menangkap sesuatu – kami benar-benar mengkhawatirkan yang terburuk,” tambahnya.

Douglas Ferreira Machado, kepala penyelidikan dan pencegahan kecelakaan di Badan Aeronatika Sipil Brazil mengatakan upaya pencarian akan “berlangsung panjang”.

“Ini bisa menjadi cerita panjang dan menyedihkan,” ujarnya kepada Globo News Brazil. “Kotak hitam kemungkinan berada di dasar laut.”

Seorang juru bicara Air France mengatakan hubungan radio dengan pesawat itu tidak terjadi “dalam beberapa waktu”.

Pusat krisis

Seorang Pejabat Air France mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa warga yang menunggu kedatangan pesawat itu akan dibawa ke tempat khusus di terminal kedua bandara Charles de Gaulle.

Keluarga dan teman penumpang dibawa meninggalkan ruang tunggu kedatangan.

Ini merupakan kecelakaan besar pertama di wilayah udara Brazil sejak pesawat Tam jatuh di Sao Paulo bulan Juli 2007 yang menewaskan 199 orang.

Posted in Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
June 2009
M T W T F S S
« May   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: