Masuk SMP-SMA Gratis


Tidak Ada Biaya Pendaftaran Siswa baru

MANADO- Kabar gembira berhembus dari seputaran Sparta Tikala (Pemkot Manado). Penerimaan siswa baru baik SD, SMP, dan SMA, di tahun ajaran 2009/2010 ini dinyatakan steril dari pungutan. Penegasan ini dikatakan Plt Wali Kota Manado Abdi Buchari. “Tidak ada pungutan sama sekali. Uang pembangunan atau apapun namanya, sama sekali tidak boleh,” tegas Abdi.
Menurutnya, substansi dinaikkannya dana pendidikan 20% dalam APBN adalah untuk membebaskan siswa dari berbagai pungutan. Atas dasar itu, Abdi mewanti-wanti semua sekolah untuk tidak main-main.
Yang jelas, sebagai Plt Wali Kota Manado, program yang dijalankan hanya melanjutkan policy pejabat sebelumnya. Yakni membebaskan biaya apapun bagi orang tua siswa saat anaknya masuk sekolah.
Abdi menambahkan, sekarang ini tak ada alasan lagi bagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya karena biaya. Sebab masuk SMP atau SMA negeri semua bebas biaya. “Setiap anak umur sekolah berhak untuk mendapatkan pendidikan dari negara,” ujar Abdi.
Bagaimana bila sekolah beralasan uang pembangunan dsb atas dasar persetujuan komite? “Tetap tidak ada alasan. Sekolah yang tetap memungut uang pembangunan dan sejenisnya, saya akan tindak tegas sampai pemecatan,” tegasnya.
Di sisi lain, sekolah swasta tetap menarik pungutan. Hanya saja, ketatnya persaingan membuat sekolah swasta ikut bersaing untuk mendapatkan siswa baru. Salah satu trik, memurahkan dana pembangunan.
Pantauan koran ini, penerimaan siswa baru mulai dilaksanakan sejumlah sekolah swasta. SMA Katolik Frater Don Bosco Manado, misalnya. Sekolah swasta ini telah menerima 200 orang dengan biaya pendaftaran Rp15 ribu. Penerimaan dilaksanakan Maret lalu.
Kepala Sekolah Drs Herman Mandagi menjelskan, biaya pendaftaran yang dibebankan pada siswa ini untuk membiayai panitia, tes, dan honor menyusun soal. Soal perploncoan, tidak ada. “Siswa baru hanya diberikan pembekalan SMA, tata tertib dan kedisiplinan,” ungkap Kepala Sekolah Drs Herman Mandagi seraya menyebut uang pembangunan akan disesuaikan kemampuan orang tua.
SMP Katolik Pax Christi Manado telah membuka penerimaan siswa baru sejak April. Siswa yang diterima 200 orang. Kepsek Drs S Wurangian, AMd mengungkapkan, untuk uang pembangunan tetap ada. Tapi besarannya disesuaikan kemampuan orang tua. “Akan ada wawancara dari yayasan dengan orang tua untuk penentuan jumlah uang pembangunan,” ujarnya.
Untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Manado akan menerima 285. Biaya pendaftaran tidak ada. Siswa hanya diwajibkan mengikuti tes. Seleksi dilakukan melalui dua tahap. Pertama, jalur prestasi dan tes. Jalur prestasi yaitu sistem ranking di bangku SMP 1 sampai 3. Sedangkan tes, soal pengetahuan umum, agama, bahasa Inggris dan Matematika. “Kami melaksanakan dua jalur ini supaya bisa menjaring siswa yang berkualitas menuju sekolah rintisan berstandar internasional,” ungkap Kepsek Mashar Kinontoa, SAg seraya menyebut, MAN akan menerima siswa baru 15-30 Juni setelah pengumuman kelulusan.
Hal berbeda terjadi di SMAN 7 Manado. Sekolah tersebut belum menerima siswa baru. Karena masih menunggu petunjuk Pemkot Manado. “Kami menunggu pemberitahuan dari Dinas Pendidikan Manado untuk SK penerimaan,” ungkap Kepsek Jennie Pratasik.
Ia menambahkan, 2008 jumlah siswa yang ditampung sebanyak 360 siswa. Dan, siswa tidak dibebani uang pembangunan. Sama halnya SMAN 1 Manado yang belum membuka karena menunggu petunjuk wali kota. “Kami belum melakukan penerimaan siswa, rencananya 26 Mei namun itu belum pasti juga,” ungkap Kepsek Freddy Robot.(sky/cia)

Posted in Pendidikan
2 comments on “Masuk SMP-SMA Gratis
  1. wahyu am says:

    Wow, sayangnya ditempat saya bel6 ada..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
June 2009
M T W T F S S
« May   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: