USU Buka Program Studi Baru


MEDAN-Survei nasional sebuah majalah nasional menempatkan USU dalam ‘Top 10’ universitas terbaik nasional. Dalam edisi 31 Mei 2009 tersebut, USU mempublikasikan hasil survei dan pemeringkatan yang dilakukan secara nasional yang memberikan posisi 10 bagi USU dengan nilai 0,147. Sementara itu, khusus dalam bidang pertanian, hasil pemeringkatan majalah itu menempatkan USU pada posisi ke-5 terbaik nasional.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Chairuddin P Lubis DTM&H Sp A (K) mengaku bangga atas hasil survei tersebut. Deretan prestasi ini pula yang membuat USU semakin yakin membuka kembali program studi baru untuk jenjang program pendidikan S-1, S-2, dan S-3.

Seleksi penerimaan mahasiswa untuk berbagai program terbaru itu dimulai pada tahun akademik 2009/2010. ‘’Program studi yang baru dibuka ini terdiri atas dua program studi untuk jenjang S-1, lima di jenjang S-2 atau magister, dan 12 program studi untuk jenjang S-3 (doktor).

Untuk program S-1 (sarjana), program studi yang baru dibuka adalah Manajemen Sumber Daya Perairan dan Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis. Untuk program Pascasarjana S-2 (magister) adalah Ilmu Kedokteran Gigi, Ilmu Peternakan, Agribisnis, Teknik Informatika, dan Penciptaan dan Pengkajian Seni.

Sementara untuk program S-3 (Doktor) meliputi Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen, Ilmu Akuntansi, Ilmu Teknik Mesin, Teknik Industri, Ilmu Teknik Sipil, Ilmu Farmasi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Biologi, Ilmu Matematika, Ilmu Fisika, dan Ilmu Kedokteran Gigi.

Rektor mengatakan penambahan program studi baru tersebut maka hingga saat ini USU dengan 12 Fakultas plus Sekolah Pascasarjana telah memiliki 52 program studi S-1.

“Namun adanya penyesuaian pada program studi S-1 berdasarkan surat Dirjen Dikti, kini menjadi 46 program studi, 19 program pendidikan spesialis, 5 program studi pendidikan profesi, 34 program studi S-2, dan 20 program studi S-3 dengan total jumlah mahasiswa sekitar 27.000 orang. ‘’Jumlah program studi tersebut belum termasuk program Diploma III dan IV,” terang Rektor.

Pembukaan program studi baru ini dilakukan atas dasar Surat Dirjen Dikti No.681/D/T/2009 tentang Persetujuan Pembukaan Program Studi Baru di Lingkungan USU, yang ditindak lanjuti dengan putusan rapat Komisi Program Akademik dan Senat Akademik yang selanjutnya memberikan kewenangan pada Rektor untuk membuka program studi baru berdasarkan pertimbangan kecukupan tenaga pengajar dan kelayakan sarana pendukung dalam rangka proses belajar mengajar.

Dengan dibukanya program studi baru di USU diharapkan dapat ada kemudahan bagi warga Sumatera Utara dan provinsi terdekat untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Pembukaan program studi baru ini juga merupakan wujud dari komitmen USU dalam meningkatkan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM), baik di tingkat lokal, nasional, maupun regional (ASEAN). Ini menjadi nilai tambah dalam meningkatkan peringkat USU di masa depan,” katanya.

Khusus, program studi S-1 yang baru yakni Manajemen Sumber Daya Perairan dan Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, direncanakan seleksinya bersamaan dengan SPMPD (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma) pada 16-23 Juni 2009 mendatang. (saz)

Posted in Prestasi, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
June 2009
M T W T F S S
« May   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: