Soal Snmptn 2009 Ditambah TPA (Tes Potensi Akademik)


Jakarta, – Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN) Haris Supratno menyatakan panitia akan menambahkan tes potensi akademik dalam seleksi mahasiswa baru.

Tes potensi akademik, kata dia, berfungsi mengukur kemampuan awal calon mahasiswa untuk menyelesaikan pembelajaran. Soal yang akan diujikan terkait kemampuan logika, verbal dan analisis. “Tes ini belum pernah ada sebelumnya,” ujarnya kepada Tempo di Jakarta,Selasa (6/1).

Selain itu, kata Haris, panitia juga akan memberikan tes soal kemampuan dasar dan tes bidang studi prediktif. Tes kemampuan dasar akan terdiri dari tes Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika terpadu.

Sedangkan tes bidang studi prediktif akan dibagi berdasarkan penjurusan di tingkat sekolah menengah yaitu tes Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan tes Ekonomi, Sejarah, PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), Sosiologi, dan Geografi untuk calon mahasiswa dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Namun, Haris menjelaskan, soal yang diujikan akan berbeda dari soal ujian nasional sekolah menengah atas. Soal tes juga tidak terkait dengan kemampuan siswa menguasi pembelajaran sesuai kurikulum. “Soal akan berorientasi analisis dan argumentasi,” ujar Rektor Universitas Negeri Surabaya ini.

Seluruh soal, ia menerangkan, dibuat oleh tim yang dibentuk dari 70-80 orang akademisi dari beberapa perguruan tinggi negeri. Rangkaian tes ini diharapkan mampu menyeleksi calon mahasiswa berkualitas.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Fasli Jalal menyatakan tidak masalah jika soal yang diujikan dalam seleksi mahasiswa baru ditambah.

“Prinsip dasar seleksi masuk perguruan tinggi negeri itu kemampuan akademik tanpa melihat pencapaian kognitif dalam mata pelajaran apapun,” kata dia saat dihubungi, Selasa (6/1).

Untuk itu, lanjut dia, Tes Potensi Akademik dapat menjadi satu pilihan seleksi. Karena untuk menyeleksi calon mahasiswa tidak cukup tes bidang studi saja. Pemerintah, lanjut dia, akan terus menyempurnakan sistem penerimaan mahasiswa baru. “Ini proses,” kata dia. -TEMPO Interaktif-

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
June 2009
M T W T F S S
« May   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: