Universitas Brawijaya Siapkan Beasiswa Rp 16,5 Miliar


MALANG — Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang pada tahun 2009 menyiapkan dana untuk beasiswa sebesar Rp 16,5 miliar bagi mahasiswa yang kurang mampu, berprestasi secara akademik dan nonakademik, serta kurang mampu dan berprestasi.

Rektor Unibraw Prof Dr Yogi Sugito, Selasa (2/6) mengatakan, dana untuk beasiswa itu tersebut diperoleh dari Daftar Isian Pengalokasian Anggaran (DIPA) sebesar Rp 10,5 miliar dan sponsor Rp 6 miliar.

Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut, kata Yogi, bisa melakukan pendaftaran secara online melalui internet dengan kriteria yang telah ditetapkan. “Mahasiswa yang telah mengajukan juga bisa melihat langsung apakah disetujui atau tidak,” katanya.

Menurut mantan Dekan Fakultas Pertanian itu, pada tahun 2009 ini, kuota mahasiswa yang bisa mendapatkan beasiswa sebanyak antara 5 – 6 ribu atau sekitar 18 persen dari total mahasiswa yang mencapai 27 ribu orang dengan besaran dana antara Rp 250 ribu – Rp 1,4 juta per bulan.
Secara rinci Yogi menjelaskan, setelah mahasiswa mengajukan beasiswa secara online, petugas yang juga melibatkan mahasiswa akan melakukan verifikasi secara manual dan orang per orang, sehingga data yang masuk tidak bisa dimanipulasi.

Jika secara online banyak mahasiswa yang mendaftar atau melebihi kuota, maka para pendaftar yang tidak memenuhi kriteria atau yang memenuhi kriteria tetapi kalah bersaing dengan mahasiswa lainnya akan terdegradasi secara otomatis dari daftar penerima. Hasilnya bisa diketahui secara langsung di internet.

Kriteria mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa, khususnya untuk kategori kurang mampu di antaranya adalah penghasilan kotor orangtua dan wali kurang dari Rp 2 juta per bulan, anak-anak yang ditanggung orangtua dan bukti rekening listrik maupun air. “Pendaftaran atau pengajuan beasiswa secara online ini sudah berjalan selama dua tahun dan sistem tersebut kemungkinan akan diadopsi secara nasional oleh perguruan tinggi negeri (PTN),” katanya.
Pengajuan beasiswa dimulai sejak 1 Juni hingga 20 Juni 2009 dan sebelum masuk tahun akademik baru (2009/2010) sudah diumumkan secara terbuka. (ant/bur) -Republika Newsroom-

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
June 2009
M T W T F S S
« May   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,142 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: