Copot Ruhut, SBY ‘ancam’ PKS cs


WASPADA ONLINE

JAKARTA – Pencopotan Ruhut Sitompul dan Achmad Mubarok dari Tim Sukses SBY-Boediono dinilai sebagai reaksi kepanikan SBY terhadap elektabilitasnya yang semakin turun. Meski tipikal jawani, tapi SBY bakal tega juga mencopot timses dari luar PD alias PKS cs jika dianggap merugikan.

“Bisa dipahami kalau itu sebagai ultimatum SBY kepada timses yang lain, seperti dari PKS, PPP, PKB. Meski dia lewat caranya yang jawani (kejawa-jawaan), tapi dia akan tega dan keras untuk melakukan pencopotan itu. Inilah bentuk dari kepanikan SBY dan timnya yang mengeluarkan kebijakan agar strateginya tak sporadis dan dampaknya merugikan,” kata analis dari Universitas Muhammadiyah Surakarta Aidul Fitriciada, sore ini.

Parpol-parpol koalisi pendukung SBY-Boediono, lanjut dia, harus memahami langkah keras SBY yang tak segan-segan ‘membuang’ anggota tim yang membelot.

“SBY bisa leluasa karena Ruhut dan Mubarok dari partainya (PD). Tapi dengan pola jawaninya, SBY juga bisa keras kepada timses dari PKS yang selama ini juga sering bersuara, dan partai lainnya. Meski SBY perlu berpikir lagi untuk itu,” ujar Aidul.

Selain faktor defensif, sambung dia, SBY juga tak bisa mengendalikan tim suksesnya untuk tidak merusak pencitraan yang selama ini dibangun. Insiden Ruhut dan Mubarok memang sudah diklarifikasi melalui permintaan maaf, namun itu cukup menohok pencitraan SBY.

“Di sinilah titik lemah SBY. Ia tak bisa mengendalikan timnya. Keberadaan Ruhut dan Mubarok dianggap tidak menguntungkan sehingga harus dibuang,” pungkas Aidul.

Posted in Pemilu 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
June 2009
M T W T F S S
« May   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: