Dispendik Siap Beri Dana Siswa Nonformal


SURABAYA – Kebijakan Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jatim yang mengalokasikan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk siswa pesantren juga diikuti Dispendik Surabaya. Selain memberikan dana bantuan operasional pendidikan daerah (bopda) kepada siswa pesantren, Dispendik siap ikut membantu meningkatkan mutu mereka.

Kepala Dispendik Surabaya Sahudi mengatakan saat ini sedang merancang tentang pemberian dana bopda tersebut. Dalam waktu dekat, dia akan membicarakan rancangan itu dengan Departemen Agama (Depag). Harapannya, Depag bisa memberikan bantuan, baik teknis maupun nonteknis. Misalnya, dalam hal pendataan siswa yang menempuh pendidikan agama nonformal.

”Saat ini kami sedang membahas teknisnya seperti apa. Baru kalau sudah selesai, kami akan mengadakan pertemuan dengan pihak Depag,” tegas Sahudi.

Mantan Kepala SMAN 15 itu menyatakan, meski cenderung sama-sama memberikan bantuan kepada pesantren, program Dispendik Surabaya berbeda. Jika provinsi berencana membentuk sekolah satu atap di pesantren, Surabaya hanya akan memberikan tambahan pelajaran kepada siswa yang dibantu. Tambahan pelajaran itu terutama berupa mata pelajaran yang masuk ujian nasional (unas).

”Guru-gurunya bisa diambilkan dari guru yang jam mengajarnya kurang. Kan banyak guru-guru seperti itu di Surabaya,” tegasnya.

Sahudi menjelaskan, program yang digagas tersebut menjadi salah satu upaya ikut meningkatkan mutu pendidikan. Dengan adanya intervensi itu, dia berharap agar ketika lulus dari pesantren, para siswa juga mempunyai ilmu tambahan. Bukan hanya kemampuan dalam hal agama, tetapi juga umum.

”Untuk itu, nanti kami juga mengikutkan mereka dalam kejar paket. Biar setelah keluar, mereka bisa punya ijazah untuk melamar kerja,” papar Sahudi. Selain itu, ijazah mereka bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan ke janjang sekolah lebih tinggi.

Jika rancangan dan pembicaraan dengan Depag selesai, lanjut dia, Dispendik melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah siswa yang ada di pesantren dan sekolah agama nonformal. ”Dari data itu, besaran dana bopda bisa diketahui,” kata Sahudi.

Sebelumnya, Dispendik Jatim bersiap mengucurkan dana BOS untuk siswa-siswi sekolah diniyah dan santri pondok pesantren. Sebab, selama ini mereka belum mendapatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS), baik dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Namun, belum ada kepastian berapa anggaran yang bakal dialokasikan. Hanya, diperkirakan ada lebih dari 200 ribu siswa pondok pesantren di Jatim.

Selain akan memberikan dana BOS, Dispendik Jatim berencana mendirikan pendidikan satu atap di pondok pesantren. Di sekolah satu atap tersebut, siswa tidak hanya belajar agama. Tapi, mereka juga mendapatkan tambahan materi pelajaran-pelajaran umum. (sha/hud)

Posted in Pendidikan
4 comments on “Dispendik Siap Beri Dana Siswa Nonformal
  1. junirullah says:

    Salam hormat,

    Kami dari SBS “Sekolah Basis Seni” memohon kepada pihak yang bersangkutan terutama Dinas Pendidikan agar dapat diberikan bantuan anggaran untuk pembangunan SBS yang berdomisili di Meulaboh – Aceh Barat.

    Wassalam,
    Ketua SBS

    Junirullah, dkk

  2. junirullah says:

    وَالسَّمَاء بَنَيْنَاهَا بِأَيْدٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ 47
    وَالْأَرْضَ فَرَشْنَاهَا فَنِعْمَ الْمَاهِدُونَ 48
    Yang artinya : Dan langit itu kami bangun dengan kekuasaan Kami dan sesungguhnya ‎Kami benar-benar meluaskannya(47). Dan bumi tiu Kami hamparkan; maka sebaik-baik ‎yang menghamparkan (adalah Kami)(48).‎

  3. junirullah says:

    Meulaboh, 24-08- 2009

    No : Ist.060/SBS/VII/09

    Salam Hormat Kepada,
    Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kebudayaan
    Di_
    Tempat.

    Hal : Permomohonan
    Penyediaan Alat Music.
    Lamp : Peralatan Musik untuk

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan adanya program SBS “Sekolah Basis Seni” tentang pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi anak – anak remaja, kami tim seniman dari SBS memohon kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kebudayaan untuk dapat menyediakan peralatan musik untuk perlengkapan pelaksanaan program SBS.

    Hal tersebut diinisiasi oleh SBS “Sekolah Basis Seni” yang resah melihat dari minimnya pemakaian dan penggunaan peralatan kesenian disetiap sekolah-sekolah, akhirnya setiap sekolah menjadikan peralatan itu seperti terkubur dengan rongsokan barang – barang yang sudah rusak di dalam gudang penyimpanan peralatan – peralatan yang sudah usang dan tidak dipakai lagi khususnya Aceh Barat.

    Maka untuk ini kami mohon agar pihak yang terkait seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan & Pariwisata serta pihak NGO segera menindaklanjuti tentang masalah yang di dapat di setiap sekolah – sekolah, yang telah di duga menelantarkan peralatan kesenian yang sudah tersedia di setiap sekolah-sekolah dari bantuan Pemerintah dan NGO Nasional maupun International agar diperiksa kembali dengan apa adanya agar peralatan-paralatan kesenian yang terlantar disetiap sekolah-sekolah tersebut diaktivkan lagi atau sudi kiranya menghibahkan peralatan kesenian tersebut ke pihak – pihak yang membutuhkan untuk tujuan praktek belajar dan berkarya untuk kemajuan pengembangan dan peningkatan kapasitas mutu SDM khususnya bagi anak – anak yang putus sekolah dan dapat menjalankan kehidupan yang mandiri di masa depan sesuai dengan bertumpu pada pelestarian seni budaya dan teknologi tepat guna yang di sesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan zaman.

    Untuk bahan pertimbangan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kebudayaan kami juga menyediakan data pribadi dan alamat serta perincian alat yang dipakai untuk pelaksanaan kegiatan ini.

    Kami akan tunduk dan patuh pada peraturan dan perundang-undangan yang Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kebudayaan berikan kepada kami.

    Atas kerjasama Bapak/Ibu kami mengucapkan terima kasih banyak.

    Salam Hormat kami,
    Ketua SBS

    Junirullah, dkk

  4. junirullah says:

    Musnah, Manusia, Masa Depan, Misteri, Misterius, Musnah, Peramal, Perang Dunia, Perang Dunia Ke III, Ramalan, Ramalan 2010, Ramalan 2010 Perang Dunia Ke III, Teknologi |
    [12] Comments

    Vangelia Gushterova, peramal yang disetarakan dgn Nostradamus. Dia asal Bulgaria meninggal 1996. Meramalkan PD III meletus pada Nov 2010.

    Boleh percaya boleh tidak tapi ramalan ini sunggung mengerikan. Seorang peramal asal Bulgaria, yang disetarakan dengan Nostradamus atau peramal terkenal Valdes, mengatakan, perang dunia ke 3 akan meletus pada November 2010.

    Diawali dengan perang antara Negara tetangga yang berkembang menjadi besar dan melibatkan banyak Negara, serta terjadi perang nuklir dan senjata kimia. Peran ini akan berlangsung empat tahun, hingga 2014.

    Akibatnya sungguh mengerikan, perang ini menghancurkan hampir semua kehidupan di belahan bumi Utara, khususnya Eropa yang penduduknya nyaris musnah. Benua eropa diramalkan hanya didiami hanya sedikit orang karena banyak yang musnah karena perang.

    Perang Dunia kali ini tidak seperti perang dunia I dan II, kali ini kecanggihan teknologi persenjataan, nuklir, kimia, dll, ikut berperan menghancurkan semua, bukan hanya pasukan yang terlibat perang tapi juga masyarakat yang tak berdosa. Setelah perang, hampir sebagian besar penduduk dunia akan mengalami penyakit kanker kulit dan penyakit kulit lainnya akibat senjata kimia dan nuklir.

    Lebih jauh tentang ramalan itu ikuti ulasan ini.

    Tidak banyak orang percaya pada ramalan namun kepercayaan itu biasanya baru akan muncul ketika apa yang diramalkan mulai menunjukkan kebenaran atau menjadi kenyataan. Seperti halnya Vanga yang memiliki nama asli Vangelia Gushterova, seorang peramal asal Bulgaria.

    Pada awal kemunculannya, tak banyak orang percaya prediksinya tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada masa depan. Namun seiring waktu ketika prediksinya itu mulai menjadi kenyataan, orang pun mulai berpaling padanya. Mulai mengingat-ingat apa yg pernah dikatakannya dulu. Banyak ramalan-ramalan Vanga tentang peristiwa-peristiwa besar yang mengguncang dunia, pada akhirnya menjadi kenyataan.

    Vanga telah meninggal sejak 1996. Namun ramalan-ramalannya tentang masa depan dunia kini dicermati semua orang. Setelah sejumlah ramalan terdahulu menjadi kenyataan. Sebut saja, prediksinya tentang serangan teroris pada Amerika pada 9 September 2001 atau dikenal dgn 9/11. Ketika itu dia mengatakan Amerika akan ‘jatuh’ oleh serangan burung baja. Dan itu menjadi kenyataan di mana pusat kebanggan Amerika, World Trade Center, ditabrak oleh pesawat yg dibajak teroris.

    Dia juga pernah meramalkan tentang meletusnya Perang Dunia ke-II, juga tentang perestroika yang menjadikan ‘ wajah’ Rusia berbeda, serta kematian Putri Diana. Atau tenggelamnya kapal selam Kursk di Laut Barents yang berhubungan dengan konflik bersenjata di South Ossetia. Ramalan tentang tenggelamnya kapal selam nuklir kebanggaan Rusia, Kursk, ini diungkapkannya pada 1980. Ia mengatakan,” pada pada agustus antara tahun 1999 atau 2000, Kursk akan diliputi air dan dunia akan menangisinya”. Ternyata terbukti, tahun 2000 kapal selam nuklir itu tenggelam.

    PERANG DUNIA KE-III

    Kapal selam nuklir kebanggaan Rusia, Kursk, tenggelam tahun 2000 di Laut Barents. Vanga meramal tenggelamnya Kursk pada 1980.

    Namun yang menggegerkan Vanga meramalkan tentang meletusnya Perang Dunia ke-3 tahun 2010. Berdasarkan terawangnya, Perang Dunia ke-3 itu terjadi karena konflik akibat percobaan pembunuhan terhadap kepala Negara, yakni Ukraina, Estopnia, Lituania dan Polandia yang bagian ke Georgia. Perang Dunia meletus setelah konflik yang terjadi di Hindustan (India).

    Awalnya, perang tersebut hanya perang local antar Negara tetangga yang dimulai pada November 2010. Lalu perang itu merembet melibatkan banyak Negara, terjadi perang nuklir dan senjata kimia. Perang Dunia ke III ini akan selesai menjelang Oktober 2014.

    Berikut ini cuplikan ramalannya yang mengerikan:
    2011: akibat perang, hujan radioaktif akan menghancurkan hampir semua kehidupan di belahan bumi Utara.

    Kebanyakan orang-orang Eropa akan musnah dan menghadapi ancaman dari Muslim yang akan mempergunakan senjata kimia untuk menghabisi mereka.

    2014: Akibat mengerikan diterima penduduk dunia akibat serangan senjata kimia dan nuklir selama perang. Di mana sebagian besar penduduk dunia akan menderita kanker kulit dan penyakit kulit lainnya.

    2016: Penduduk Eropa hingga sedikit, nyaris benua itu tidak didiami.

    2018: Cina akan tampil sebagai Negara superpower baru, yang memiliki kekuasaan besar di dunia. Yang tadinya eksploiters akan menjadi yang diekploitasi.

    2023: Orbit tanah akan berganti

    2025: Penduduk eropa masih sangat jarang.

    Vanga lahir 1911 dengan nama Vangelia Pandeva Dimitrova, setelah menikah namanya menjadi Vangelia Gushterova. Ia berasal dari Bulgaria dan buta sejak usia 12 tahun. Vanga banyak menghabiskan hidupnya di area Rupite di Kozhuh Mountains, Bulgaria. Ia diduga buta huruf dan tidak menulis apapun ramalannya. Ramalan-ramalannya hanya diucapkan dan orang merekamnya. Kadang ada kesulitan, karena ucapannya kadang bercampur dialeg Bulgaria yang sulit dimengerti.

    Ia mengatakan, kemampuannya melihat masa depan karena bantuan makhluk gaib yang mendampinginya dan membisikkan padanya tentang apa yang akan terjadi. Tapi Vanga tidak bisa menjelaskan dari mana makhluk gaib itu berasal. Makluk gaib itulah yang memberinya informasi tentang orang atau apapun yang akan terjadi atau telah terjadi.

    Kini ramalan-ramalan Vanga menjadi objek penelitian Institut Bulgaria. Sebanyak 7000 ramalannya kini tengah diteliti. Dari penelitian tersebut, dikatakan bahwa 80 persen dari ramalannya akurat. Sesaat sebelum kematiannya, Vanga , meramalkan, bumi akan dilanda keresahan dan ketidak seimbangan, serta sejumlah makluk luar angka (alien) yang sebenarnya telah bertahun-tahun hidup di bumi.

    Sumber : matabumi.com
    mudah-mudahan menjadi bahan untuk refleksitas kita, terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
June 2009
M T W T F S S
« May   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: