2013 Akan Berlaku Kurikulum Pendidikan Baru


Di tahun 2013 Indonesia akan mempunyai kurikulum pendidikan yang baru. Kurikulum yang merupakan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan, bukan sesuatu yang mengherankan jika berubah atau diperbarui dan terus berkembang. Secara umum, kurikulum juga selalu dievaluasi, kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan.

Berlakunya kurikulum pendidikan baru yang rencananya akan dimulai bulan Februari 2013 ini disampaikan oleh Mendikbud, Mohammad Nuh. Dikutip dari Kompas (19/9) M Nuh mengatakan “Pembahasannya masih berlangsung, nanti akan diuji publik, dan Februari 2013 semuanya akan rampung,”.

Kurikulum pendidikan nasional yang baru akan selesai digodok pada Februari 2013. Kurikulum baru itu rencananya segera diterapkan setelah melewati uji publik yang dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya.

Kurikulum berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum pendidikan baru yang merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan akan menyentuh semua jenjang pendidikan. Dari pendidikan dasar, sampai ke pendidikan tinggi. Kurikulum baru itu merupakan hasil dari evaluasi pada seluruh mata pelajaran.

Tim penyusun kurikulum baru ini dibagi menjadi dua tim. Yaitu tim pertama mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan dasar serta pendidikan menengah, sedangkan tim kedua mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan tinggi.

M Nuh, menjelaskan bahwa kurikulum pendidikan nasional yang baru ini tidak “mengiblatkan” kurikulum dari negara asing tertentu. Kurikulum pendidikan baru ini merujuk pada negara-negara OECD, dan negara-negara yang memiliki karakter sangat kuat. Dia mencontohkan Jepang dan Korea, dua negara yang memiliki kekuatan karakter itu unggul dalam ilmu pengetahuan, tapi tetap menjunjung tinggi nasionalisme bangsanya.

Bagaimana penilaian atau tanggapan dari pendidik sendiri tentang perubahan kurikulum yang sebelumnya bernama KTSP dengan kurikulum baru yang berlaku 2013 nanti? Sebagai pelaksana langsung kebijakan pendidikan di akar rumput pasti dinilai beragam.

Perubahan kurikulum pasti juga akan diikuti dengan perubahan unsur di dalam komponen kurikulum tersebut. Termasuk di dalamnya, tujuan, isi/materi, media (sarana dan prasarana), strategi, dan proses belajar mengajar. Bagaimana pendapat Anda tentang perubahan kurikulum ini? Jangan lupa tulis di kotak komentar!

 

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
September 2012
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: