160 Sarjana Aceh Peroleh Beasiswa Luar Negeri


BANDA ACEH – Untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berwawasan luas, Lembaga Peningkatan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Aceh kembali merekrut 160 putra-putri Aceh yang berprestasi sebagai calon penerima beasiswa dari Pemerintah Aceh. Mereka akan dibiayai kuliah S2 atau S3 pada universitas-universitas terkemuka di luar negeri (LN) pada tahun 2013.

Ketua Pelaksana LPSDM Aceh, Ir Izhar MM kepada Serambi, Selasa (2/10) mengatakan, awalnya ada 847 sarjana asal Aceh yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Tapi setelah diseleksi berlapis sejak April hingga September lalu, akhirnya tersisa 160 orang, sesuai pagu anggaran yang tersedia di APBA. Dari jumlah tersebut, 139 orang di antaranya merupakan kandidat S2 dan sisanya (21 orang) lagi kandidat S3.

Menurut Izhar, seleksi dilaksanakan melalui beberapa tahap dan diumumkan secara terbuka di surat kabar maupun secara online di website. Dimulai dengan seleksi persyaratan administrasi (indeks prestasi akademik/IPK, skor TOEFL/IELTS), dilanjutkan dengan tes profisiensi akademik. Terdiri atas psikotes, tes TPA, dan wawancara.

Sekalipun sudah dinyatakan lulus dalam berbagai tahapan seleksi, tapi sebagian besar mereka akan mengikuti pelatihan bahasa Inggris, bahasa Jerman, atau Mandarin selama tiga bulan sesuai negara tujuannya. “Setelah itu mereka akan mengikuti seleksi tahap akhir, yaitu profisiensi bahasa. Kalau tahap ini lulus, maka mereka berhak mendapat beasiswa untuk studi di luar negeri,” ujar Izhar didampingi Kabag Humas LPSDM Aceh, Dr Taqwaddin MH.

Menurut Taqwaddin, bidang-bidang ilmu yang akan ditekuni putra-putri Aceh di luar negeri itu adalah yang akan memberikan manfaat besar bagi masa depan Aceh.

LPSDM, kata Taqwaddin, juga bekerja sama dengan DAAD Jerman dan ESIT (Elite Study in Taiwan) dalam proses seleksi ini. Bagi yang dicalonkan untuk berangkat ke Jerman, DAAD akan melakukan seleksi akhir. Sedangkan terhadap calon yang memilih ke Taiwan, ESIT akan mewawancarai kandidat sebelum dinominasikan untuk kuliah pada universitas-universitas tertentu di Taiwan.

“Beasiswa akan diberikan kepada mereka setelah memenuhi persyaratan profisiensi bahasa dan diterima pada universitas bermutu di luar negeri,” demikian Taqwaddin. (dik)

Editor : bakri
Posted in Pendidikan, Prestasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2012
M T W T F S S
« Sep   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: