Mengejar Beasiswa Amerika itu Gampang-gampang Susah!


JAKARTA, KOMPAS.com – Mengejar beasiswa tidak segampang yang dibayangkan, tetapi juga tidak sesulit yang dipikirkan. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

There’s a will there’s a way
! Begitu pula Anda, bisa memilih beasiswa pendidikan luar negeri, misalnya di Amerika. Mengejar beasiswa dari negara adikuasa ini tampaknya memang sulit, tapi percayalah kesempatan itu bisa datang, apalagi jika kamu kejar, ya. Mereka akan semakin mendekat. 

Seperti dikatakan Advisor education USA Ninda Daianti, bahwa mengejar beasiswa ke Amerika membutuhkan kerja keras yang besar, mental yang kuat, dan intelejensia tinggi.

“Saya tidak mengatakan itu gampang, tetapi memang membutuhkan kerja keras yang lebih dari biasanya,” ujar Ninda di pusat kebudayaan Amerika Serikat, Pacific Place lantai 3, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2012).

Tidak bermaksud membuat semangat para pelajar Indonesia menyusut, apa yang disampaikannya merupakan saran nyata bahwa persaingan beasiswa di Amerika sangat ketat.

“Kalau kamu sungguh-sungguh ingin mendapat bantuan biaya studi, kamu harus layak dan ‘menjual’, maksudnya mengapa akhirnya pemerinta USA mau membiaya kamu? Semua butuh persiapan matang, bukan hanya niat saja,” urai perempuan yang pernah menempuh pendidikan di negeri Paman Sam itu.

Meski agak ‘menakutkan’ mendengar pernyataan Ninda, akan tetapi ia berujar agar para pelajar tidak usah merasa khawatir. Sebab, kunci mendapatkan beasiswa itu adalah siswa tidak mudah menyerah.

“Jangan hanya sekali apply, harus terus mencoba. Terus riset. Kalau bisa aplikasi lamaran beasiswa kamu ke 40-50 beasiswa yang ada. Masukin semua, dan terus menyiapkan plan A, B, dan C, seterusnya,” sarannya lagi.

Ninda menjelaskan, setidaknya ada puluhan beasiswa yang ditawarkan di education USA. Melalui laman resminya di http://www.educationUSA.or.id, info beasiswa akan di-update setiap satu kali seminggu, yaitu tiap hari Kamis.

“Dalam mencari beasiswa, ini penting. Kamu harus fokus melihat diri dan kemampuan sesuai jurusan yang tepat. Mencari beasiswa per jurusan akan memfokuskan usaha Anda dalam mengejar beasiswa yang diincar, semuanya ada di sini,” ucapnya lagi.

Secara detail, ia pun menyebutkan beberapa hal yang harus dilakukan pelamar adalah; selalu perbaharui essay atau motivation letter.

“Hampir setiap beasiswa akan selalu ada persyaratan untuk menuliskan essay pribadi atau personal assignment. Siapa kamu, akan terurai di sana,” ujarnya.

Ninda juga menyarankan dalam menyampaikan surat motivasi beasiswa, substansi yang disampaikan dalam bahasa Inggris harus mendekati kesempurnaan.

Grammar mistake itu nggak boleh ada, oh ya jangan pula menggunakan passif voice, isinya juga tidak bertele-tele dan harus bermakna, menunjukan kemampuan, kemauan, dan kerja keras kamu,” jelasnya.

Tapi yang tidak kalah penting adalah tetap mengontrol semangat diri, karena mimpi dan cita-cita kamu tersimpan dalam api semangat di hati dan pikiranmu. Jadi jaga terus agar tetap menyala dan selalu terus berjuang hingga meraih masa depan gemilang. Take control your future, guys!

 

Editor :
Ana Shofiana Syatiri

 

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2012
M T W T F S S
« Sep   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: