Persiapan Bahasa untuk Studi ke Perancis


JAKARTA, KOMPAS.com — Masuk perguruan tinggi negeri di Peancis akan menjadi lebih mudah jika calon siswa yang berasal dari luar negeri, terutama Indonesia, telah mempunyai bekal dan kemampuan berbahasa Perancis.

Kemampuan berbahasa Perancis ini dapat menjadi persyaratan yang akan memudahkan siswa asing meraih kemudahan belajar. Sebab, Perancis sebagai salah satu negara Eropa memberikan subsidi pendidikan secara merata bagi warga yang menghormati tradisi, terutama dalam penggunaan bahasa ibu. 

“Pemerintah Perancis memberikan subsidi tuition fee bagi seluruh siswa di universitas negeri. Jadi, latihlah kemampuan berbicara Perancis-mu dari sekarang,” ujar Mini Riandini, koordinator Konsultasi dan Administrasi Campus France Indonesia, Selasa (18/9/2012).

Kemampuan berbicara bahasa Perancis ini harus dilatih minimal satu tahun sebelum berangkat menempuh pendidikan di sana. Jika sudah menempuh pelatihan selama satu tahun, siswa berhak mengikuti ujian internasional untuk mendapatkan ijazah Diploma de Langue Francaise (DELF) atau DALF yang akan berlaku seumur hidup.

“DELF merupakan ijazah bahasa Perancis tingkat dasar. Sedangkan ijazah DALF adalah ijazah bahasa Perancis tingkat mahir. Keduanya merupakan ijazah resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan Pendidikan Tinggi Perancis yang berlaku seumur hidup dan diakui secara internasional baik di dunia kerja maupun pendidikan,” katanya kepada Kompas.com.

Lulusan SMA yang ingin melanjutkan studinya ke Perancis sebaiknya mulai melakukan persiapan ini ketika naik ke kelas 3 atau di akhir kelas 2. Adapun bagi siswa yang yang berniat mengambil program intensif selama satu tahun full (Senin-Jumat) itu lebih disarankannya lagi.

“Karena syarat minimal kelulusannya ujian bahasa Perancis adalah DELF B2. Skor minimumnya juga 50/100, tidak boleh kurang dari itu. Lulus B2 itu sudah dapat menyampaikan pendapat, berargumen atau mempertahankan opini, dan berbicara lancar untuk semua jenis percakapan,” jelasnya.

Mini juga menginformasikan, secara umum setiap universitas negeri akan memulai kelasnya di bulan September. Jadi, perencanaan kuliah dan pemantapan bahasa bisa dipersiapkan menyesuaikan dengan jadwal tersebut.

Adapun  tes DELF digelar setiap Maret, Juni, dan November.

 

Editor :
Ana Shofiana Syatiri

 

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2012
M T W T F S S
« Sep   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: